Herwarno Saputra (kanan) bersama M. Deka Pratama, usai menuntaskan babak final 100m putra di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Herwarno Saputra, pemegang second place nomor lari 100 meter Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, fokus menguatkan mental. Jelang Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championshp, latihannya menjadi kian intens dan menantang untuk fisik dan emosional.

Siswa SMA Muhammadiyah Kabanjahe yang akrab disapa Putra ini menduduki posisi kedua podium 100 meter dengan raihan 11,43 detik. Raihan yang membanggakan mengingat musim lalu, ia kalah di babak semifinal di nomor yang sama. Tak ingin kalah lagi, Putra benar-benar fokus berlatih.

“Persiapan untuk National Championship, saya latihan pagi dan sore. Pagi mulai jam tujuh. Kalau sore di jam tiga sampai enam. Saya mengikuti program latihan yang diarahkan pelatih saya,” ungkap Putra saat diwawancara. Ia menyebut latihan fisiknya antara lain ABC running. block start, ayunan tangan, circuit training, dan dorong tembok.

Pelatih putra adalah pelatih dari PASI sehingga memiliki kedisiplinan yang ketat dalan setiap latihan. Pelatihnya adalah Dandi Hardiansyah. “Sudah dilatih pelatih PASI sejak kelas 7 SMP. Harus membiasakan diri dengan latihan yang disiplin agar mental tidak down,” katanya. Putra memang menekuni nomor lari jarak pendek sejak SMP.

Putra mengakui bahwa persaingan tahun ini terasa berat. Namun, ia tetap mengupayakan yang terbaik. “Fokus berusaha aja, soal hasil urusan belakang. Yang penting berusaha untuk jadi yang terbaik,” pungkas Putra.

Baca juga: Herwarno Siap Revans di Energen Champion SAC National Championship

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya Putra akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Energen Champion SAC Indonesia menjaring pelajar berpotensi dari enam Regional Qualifiers yaitu Sumatera, West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra, dan Jakarta Banten.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar paling terbesar di Indonesia. Acara ini diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Energen Champion adalah minuman cokelat berenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora.

  RELATED ARTICLES