Herwarno (tengah) dalam babak final 100 meter Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Kompetisi 100 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers diwarnai beberapa juara baru. M. Deka Pratama dari SMK Jambi, Medan memang masih mempertahankan gelar juara 100 meter putra. Namun pemegang 2nd Place dan 3rd Place Sumatera Qualifiers punya nama baru. Runner up kompetisi itu misalnya, adalah Herwarno dari SMA Muhammadiyah Kabanjahe. 

Herwarno sukses finis di posisi kedua dengan perolehan waktu 11,43 detik. Ia menghuni posisi runner up dan melaju ke babak National Championship. Herwarno akan menjadi wakil Sumatera Qualifiers di babak puncak. Menurut Herwarno, perolehannya ini diperoleh setelah banyak evaluasi yang diperoleh. 

"Karena tahun lalu saya kalah di semifinal dan tahun ini saya sangat bangga bisa menang walaupun finis kedua di belakang Deka, saya akan memberikan yang terbaik di babak National Championship," ungkap Herwarno. 

Energen Champion SAC National Championship tentunya dinanti oleh banyak pelajar. Termasuk Herwarno. Di babak puncak nanti, Herwarno bahkan telah menetapkan target. Yakni bisa mencatatkan waktu 11,3 detik. "Kita lihat besok saja," lanjut Herwarno.

Herwarno telah terjun ke dunia atletik selama tujuh tahun. Awalnya, Hewarno tidak memiliki keinginan sebagai pelari. Namun dipaksa oleh gurunya saat kelas SD. Tak disangka, Herwarno menjuarai O2SN. "Sejak saat itu saya langsung rutin mengikuti Kejuaraan atletik yang lainnya," terang Herwarno.

Baca Juga: Deka Pratama Pertahankan Gelar Juara 100 Meter Putra di Sumatera Qualifiers

Herwarno berharap Energen Champion SAC Indonesia dapat terus digelar. Pasalnya, kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu dapat menjadi wadah para pelajar Indonesia untuk berprestasi. "Semoga atletik Indonesia semakin maju," tandas Herwarno. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES