Dari kiri Mahdi Halim, Fausta, Abdillah Panca Wiradhika dan Yad Hapizudin

Sebanyak tiga alumni Energen Champion SAC Indonesia 2022 berhasil meraih podium SEA Youth Athletics Championships 2023. Yang diselenggarakan pada 7-9 Desember 2023, tepatnya di National Athletics Centre, Pathum Thani, Thailand.

Tiga alumni SAC Indonesia yang naik podium di kompetisi atletik remaja paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut, di antaranya, adalah Yad Hapizudin, siswa MA Al Ijtihad Danger, yang meraih medali emas di nomor 1.500m dengan waktu 4 menit 07,05 detik.  

Kemudian, ada Mahdi Halim, dari SMAN 1 Glagah Banyuwangi, yang meraih perunggu di relays 4x100 meter putra dengan waktu 41,59 detik. Terakhir, Abdillah Panca Wiradhika dari SMAN 1 Jakarta yang sukses meraih podium ketiga di lompat jangkit putra dengan lompatan 14,44 meter.

Yad Hapizudin, usai berlaga di 1500m SEA Youth Athletics Championships 2023, pada Sabtu, 9 Desember 2023

Ketiga alumni SAC Indonesia tersebut tergabung dalam timnas muda atletik Indonesia U-18 putra dan putri yang mewakili Indonesia di SEA Youth Athletics Championships 2023 ke-15. Mereka telah bertolak ke Thailand sejak 5 Desember 2023. 

Baca Juga: Tiru Jejak Yad Hapizudin, Juara di National Championship

Raihan ini tentunya menjadi sejarah baru bagi Tanah Air di panggung kompetisi internasional. Menurut Yad, salah satu alumni SAC Indonesia, mengaku bangga dengan raihan tim atletik muda Indonesia. Tidak hanya dirinya, Yad juga terharu terhadap perolehan kawan seperjuangannya. 

"Alhamdulillah, terima kasih, tentunya ini rezeki besar di hari ini. Saya sejujurnya masih nggak menyangka. Semoga tahun depan lebih maksimal lagi. Dan dapat menginspirasi atlet-atlet muda yang lain," tutur Yad, saat dihubungi oleh tim SAC Indonesia, pada Sabtu, 9 Desember 2023. 

Yad Hapizudin sebelumnya adalah juara dari Energen Champion SAC Indonesia 2022 Bali Nusra Qualifiers di nomor 1.000 meter putra. Ia kemudian melenggang ke babak National Championship dan meraih juara. Yad juga salah satu peserta SAC Goes to Australia pada tahun 2023. Itu merupakan reward berupa program training camp SAC Indonesia untuk juara nasional. 

Abdillah Panca Wiradhika, siswa SMAN 1 Jakarta, juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Hal serupa juga diungkapkan oleh Abdillah Panca Wiradhika. Siswa SMAN 1 Jakarta, sekaligus alumni SAC Indonesia, tersebut mengaku bersyukur atas perolehannya di SEA Youth Athletics Championships 2023. Selain itu, ia juga mengaku bangga karena generasi anak muda Indonesia dapat berkesempatan meraih prestasi di kancah internasional.

Baca Juga: Empat Alumni SAC Indonesia Berlaga di SEA Youth Athletics Championships 2023

"Alhamdulilah bisa nyumbang medali walaupun perunggu untuk Indonesia. Di sisi lain juga sedang cedera engkel, bersyukur banget sama Allah," kata Wira, panggilannya. "Tetap bersyukur terhadap perjuangan kita, kejuaraan besar banyak di depan mata, di dunia ini tidak ada yang mustahil, latihan keras kita akan membuahkan hasil, jika kita konsisten."

Wira merupakan juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers di nomor lompat jauh putra. Kemudian, ia melenggang ke babak National Championship. Wira menjadi salah satu juara SAC Indonesia yang begitu mentereng. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES