Skuad SMAN 1 Glagah Banyuwangi saat bersaing di babak Energen Champion SAC National Championship

Juara Energen Champion SAC Indonesia 2022 East Java Qualifiers, SMAN 1 Glagah Banyuwangi, akan kembali bersaing di musim baru. Diwakili oleh Astomo Joko Wicaksono, Rhesandhi Pramesta Putra, Dimas Varieza Raja Putra dan Rafy Ramadhani Bachtiar, sekolah tersebut akan berlaga di relays 4x100 meter putra. 

Ini akan menjadi penyelenggaraan kedua bagi SMAN 1 Glagah Banyuwangi bersaing di SAC Indonesia. Menurut Rafy Ramadhani Bachtiar, salah satu skuad SMAN 1 Glagah Banyuwangi, sekolahnya lebih siap pada gelaran SAC Indonesia 2023. Hanya saja dengan formasi yang berbeda dengan musim lalu. 

"Dan untuk persiapannya berbeda dari kemarin, karena ini sudah lebih jauh disiapkan dan nggak mepet lagi, setiap pagi dan sore kita selalu latihan buat kembali tampil di qualifiers dan National Championship tentunya," kata Rafy. 

Baca Juga: 7 Sekolah Juara yang Bakal Comeback di SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Tahun ini, SMAN 1 Glagah Banyuwangi akan mengirimkan perwakilan ke beberapa nomor lomba. Tak hanya estafet 4x100 meter putra, melainkan juga nomor individu. Di antaranya, 100 meter putri hingga tolak peluru putri. 

SMAN 1 Glagah Banyuwangi berharap dapat menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Plus, menjadi skuad kedua dari Jawa Timur, selain MAN 2 Gresik, yang berangkat ke luar negeri. Nantinya, SMAN 1 Glagah Banyuwangi juga akan bertemu dengan skuad MAN 2 Gresik. Namun masih harus dilihat apakah SMAN 1 Glagah akan kembali meraih podium juara. 

Baca Juga: SMAN 9 Surabaya Kembali Bersaing di SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES