Suasana roadshow Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers di SMAN 1 Tarik

SMAN 1 Tarik, Sidoarjo akan kembali berlaga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Setelah bersaing di musim perdana, sekolah tersebut siap mengirimkan lebih banyak student athlete musim ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Ade Stria Bagus Suwadji, guru PJOK dari SMAN 1 Tarik, usai roadshow SAC Indonesia mampir di sekolahnya. 

Menurut Ade, SMAN 1 Tarik telah mempersiapkan diri selama enam bulan. Untuk bisa bersaing di SAC Indonesia. Apalagi, SAC telah menjadi agenda tahunan bagi sekolah-sekolah di Jawa Timur "Kami juga latihan seminggu dengan intensitas tiga kali. Kebetulan di sekolah ini juga ada ekstrakurikuler atletik dan sudah berdiri sejak sekolah ini berdiri yakni 2004," ungkap Ade. 

Dengan adanya persiapan yang matang dan roadshow SAC Indonesia yang mampir ke sekolah, skuad SMAN 1 Tarik semakin bersemangat untuk berprestasi di SAC Indonesia. "Semangat anak-anak sangat luar biasa. Semoga nanti saat kompetisi utama, kami bisa full semangat lagi," lanjut Ade. 

Baca Juga: SDN Margorejo 1 Surabaya Seru-seruan Bareng Roadshow SAC Indonesia 2023!

Roadshow SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers dibuka oleh beberapa sambutan. Para pelajar juga diperkenalkan dengan olahraga atletik dengan cara yang menyenangkan. Misalnya, mereka diberi kesempatan untuk mencoba games, seperti Mini Kanga's hingga Fun Relays. 

"Karena sebelumnya kami belum ada bayangan roadshow seperti apa. Akhirnya kami ada gambaran. Setelah pure datang sekolah, ternyata roadshow ini cukup menarik anak-anak. Tidak ada setting-an, semua alamiah. Mengerahkan massa juga secara alamiah," terang Ade. 

Ade berharap bahwa akan lebih banyak sekolah yang turut dikunjungi oleh SAC Indonesia. Pun lebih banyak sekolah yang bisa lebih perhatian terhadap olahraga atletik. Seperti di SMAN 1 Tarik sendiri. 

"Mulai merintis untuk membuat minimal gerakan kecil di atletik. Kita semua tahu kalau atletik itu olahraga awam, yang hanya lari dan lari saja, mungkin sebagian besar orang bilang kalau atletik membosankan, tetapi misalkan kita bisa menggali potensi, anak-anak bisa sangat antusias," kata Ade. 

Tak lupa, Ade juga mengapresiasi adanya SAC Indonesia. Apalagi jika event ini bersifat berkelanjutan. "Nantinya akan ada level berikutnya. Dan kita tentunya mempersiapkan diri lebih bawah lagi, lebih bawah lagi. Dan ini memang bagus untuk kepentingan atletik di Indonesia," lanjut Ade. 

Baca Juga: Bangga Karena Tim SAC Indonesia 2023 Mampir Roadshow

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan  Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES