Sindu Krisna Mukti (tengah) melakoni UPP usai menjuarai nomor 1.000 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers

Nama Sindu Krisna Mukti begitu menggema di penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Bagaimana tidak? Siswa SMK PGRI Cepu itu berhasil meraih juara 1.000 meter putra. Sindu finis dengan catatan waktu yang mengesankan. Yakni 2 menit 42,07 detik. 

Sindu merupakan pemain lama di kompetisi SAC Indonesia. Di penyelenggaraan musim perdana, ia masuk dalam jajaran Best 3 Records dan melaju ke babak National Championship. Namun, Sindu belum meraih podium saat itu. Dan berencana memperbaikinya di penyelenggaraan musim baru. 

"Pastinya dengan pencapaian baru ini sangat senang dan bangga pada diri saya. Apalagi bisa kembali berlaga di level National Championship," kata Sindu. 

Saat ditanya tentang kompetisi SAC Indonesia 2023, Sindu menyebut bahwa persaingan tahun ini begitu berkesan baginya. Meskipun Sindu mengatakan tahun ini tak seberat penyelenggaraan musim sebelumnya, SAC Indonesia 2023 akan terasa ketat di level National Championship. "Lawan yang patut diperhitungkan itu East Java (Qualifiers) sih. Kita lihat aja kualifikasi Jatim besok," terang Sindu. 

Sindu memiliki target besar dalam penyelenggaraan National Championship. Ia berharap dapat meraih podium pertama dan memecahkan rekor musim lalu. Catatan waktu Sindu adalah perolehan yang paling dekat dengan rekor Yad Hapizudin, yang saat ini masih mentereng di peringkat teratas dengan perolehan 2 menit 36,53 detik. 

Sindu terjun ke atletik karena kemauan pribadinya. Ia terinspirasi pada kakaknya yang telah lebih dulu terjun di cabang olahraga tersebut. Saat itu, ia sering mengikuti orang tuanya untuk menjemput sang kakak. "Secara otomatis saya nonton juga kakak latihan. Dari situ saya merasa, sepertinya seru bisa bersaing di dunia atletik. Dan akhirnya sampai sekarang deh," terang Sindu. 

Baca Juga: 48 Pelajar Central Java Qualifiers Melenggang ke National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers digelar pada 24-26 November 2023. Kompetisi atleik pelajar terbesar di Indonesia itu diikuti oleh 4.168 pelajar dari 392 sekolah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Central Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES