Suasana Technical Meeting Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers sukses menggelar technical meeting, Rabu, 1 November 2023. Yang berlangsung di GOR Universitas Negeri Jakarta Kampus B. Pra event ini bertujuan untuk memaparkan regulasi hingga jadwal perlombaan yang akan berlangsung, mulai dari 3- 5 November 2023, di Stadion Atletik, Rawamangun, Jakarta. 

Sinergi sekolah dari Jakarta dan Banten untuk memajukan olahraga atletik begitu besar. Ini terpancar dari kehadiran lebih dari 300 guru dan ofisial sekolah dalam technical meeting tersebut. Mereka berharap, dengan adanya technical meeting ini,  para peserta dapat memahami segala peraturan yang berlaku dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. 

Technical Meeting Jakarta Banten Qualifiers dipandu oleh technical delegates Pengprov PASI DKI Jakarta, Fauzan. Beberapa ketentuan yang wajib dipahami adalah terkait sistem kompetisi, perhitungan catatan waktu, sarana dan prasarana yang akan mendukung perlombaan, dan ketentuan pengambilan finalis. 

Baca Juga: 48 Delegasi Bali Nusra Qualifiers Siap Bersaing di National Championship!

Salah satu ofisial yang mengikuti technical meeting dari SMAN 1 Ciruas, Ahdi, mengaku kagum dengan animo peserta yang terlihat dalam technical meeting Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Hal ini mengikuti bertambahnya peserta dari Jakarta Banten Qualifiers 2023 itu sendiri. 

"Ini karena SAC Indonesia sudah jadi agenda rutin dari berbagai lembaga. Apalagi akhir tahun ini juga banyak agenda. Semoga skuad SMAN 1 Ciruas bisa naik podium tahun ini. Agar nanti bisa jadi inspirasi cerita teman-teman di sekolah," ungkap Ahdi.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Wayan Sularto dari SDN Senin 03 Pg. Yang akan debut dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Wayan begitu mengapresiasi penyelenggaraan ini. Khususnya dalam mencari bibit atletik. "Ini juga bisa membuka pengalaman bagi pemula dan pelajar baru, yang belum mengenal atletik," kata Wayan. 

Baca Juga: Disambut Positif, Sosialisasi SAC Indonesia Diikuti 185 Sekolah dari DKI Jakarta

SDN Senin 03 Pg akan tampil full team dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Mereka bahkan mengirimkan sekitar 20 peserta. Yang tersebar di berbagai nomor lomba tingkat SD. Mulai dari Formula One, Kanga's Escape, Relays 8x50 Meter, dan 60 Meter. 

"Sekolah sangat serius dan anak-anak juga antusias. Ditambah di sekolah kami ada ekstrakurikuler atletik dan sudah berjalan kurang lebih selama setahun. Anak-anak juga telah beberapa kali perlombaan atletik di level Kota Jakarta hingga DKI Jakarta," terang Wayan. 

Wayan juga berharap Energen Champion SAC Indonesia 2023 ke depannya dapat mengadakan coaching clinic khusus untuk para pelatih dan pendamping. Tujuannya agar pelatih dan student athlete terus kompak dalam melakoni perlombaan. "Karena faktor kesuksesan atlet itu bukan hanya dari segi fisik dan teknik. Melainkan juga psikologi, faktor kedekatan pelatih," lanjut Wayan. 

Baca Juga: Peserta SAC Indonesia 2023 Capai Ribuan, SMAN 1 Ciruas Lebih Semangat Bersaing

Jakarta Banten Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

 

  RELATED ARTICLES