Skuad SMAN 23 Jakarta yang akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers

SMAN 23 Jakarta bakal bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Sekolah tersebut akan mengirimkan sebanyak delapan siswa. Yang nantinya mereka akan berlaga dalam perlombaan estafet 4x100 meter, tolak peluru, lompat jauh hingga sprint 100 meter.

Menurut Kelik Wibawa, guru PJOK sekolah tersebut, ini merupakan pertama kalinya bagi SMAN 23 Jakarta bersaing dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. 

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers, seleksi dilakukan pada anak-anak SMAN 23 Jakarta yang dilihat memiliki kemampuan lebih dalam hal motorik, VO2MAX, hingga rajin melakukan latihan kardio.

"Kebetulan anak-anak sangat antusias dalam mengikuti perlombaan atletik. Mereka juga senang bisa berkontribusi dalam SAC Indonesia. Bahkan mereka juga melakukan latihan mandiri untuk menghadapi SAC Indonesia," kata Kelik.

Selain itu, SMAN 23 Jakarta kali ini juga menurunkan delegasinya yang begitu diperhitungkan. Yakni Simon Hamonangan Aruan. Yang sebelumnya menjuarai 800 meter putra dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers. "Nah, si Simon itu memang menekuni lari jarak menengah, harapannya bisa memberikan yang terbaik bagi SMAN 23 Jakarta," ungkap Kelik. 

SMAN 23 Jakarta bukanlah sekolah baru yang bersaing dalam kompetisi atletik. Sekolah tersebut rutin mengirimkan beberapa wakilnya di kompetisi atletik pelajar profesional. Mulai dari O2SN hingga Kejurnas. "Tentunya kami ingin menyiapkan berbagai hal baru dalam olahraga atletik, salah satunya SAC Indonesia," lanjut Kelik. 

Baca Juga: Usai Juarai 800m, Simon Hamonangan Aruan Siap Bersaing dalam 1.000m Putra

Nantinya, SMAN 23 Jakarta akan tampil di GOR Rawamangun, Jakarta. Di mana kompetisi SAC Indonesia 2023 itu akan berlangsung pada 3-5 November.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

Buat kamu yang nggak mau ketinggalan kabar dari Energen Champion SAC Indonesia, kamu bisa klik link ini.

  RELATED ARTICLES