Energen Champion SAC Indonesia 2023 mengadakan sosialisasi gelaran SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers, Rabu, 18 Oktober 2023. Bertujuan untuk meningkatkan partisipasi terhadap kompetisi atletik pelajar, sosialisasi online ini diikuti oleh lebih dari 185 perwakilan dari sekolah-sekolah di wilayah DKI Jakarta dan Banten. 

Kasi Kelembagaan dan Sumber Belajar SMP-SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Salikun, S.Pd, M.Si, hadir untuk memberikan sambutan terhadap tingginya minat terhadap sosialisasi tersebut. Menurutnya, Energen Champion SAC Indonesia merupakan salah satu cara mengarahkan pelajar untuk memiliki kegiatan yang positif. 

"Saya tentunya mengucapkan terima kasih karena bapak dan ibu telah support anaknya. Semoga kegiatan olahraga seperti ini, khususnya atletik, bisa membuat pelajar dan anak-anak kita jauh dari hal-hal negatif, bullying, tawuran. Kegiatan seperti ini bisa membuat mereka sibuk untuk fokus di hal positif, juga menumbuhkan sportivitas, toleransi bagi pelajar," katanya. 

Selain Salikun, Kasi dan Pengembangan Karakter SMP dan SMA, Horale Tua Simanullang juga hadir sebagai bentuk dukungan Dinas Pendidikan Kota DKI Jakarta terhadap program kompetisi pelajar SAC Indonesia 2023.

Sosialisasi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers kali ini diadakan atas kerja sama DBL Indonesia dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Pihak Dispendik juga begitu antusias menyambut adanya kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia yang kembali hadir di Ibu Kota. Apalagi, kompetisi ini memang diperuntukkan bagi pelajar pemula. Bukan atlet profesional. 

Amir Juliamsyah, Representative DBL Indonesia, memandu sosialisasi Jakarta Banten Qualifiers yang digelar hari ini. Amir menyebut bahwa SAC Indonesia memiliki misi menebar jala bagi pelajar Indonesia untuk untuk merasakan pengalaman berkompetisi lewat olahraga atletik. Mengingat atletik adalah ibunya olahraga. 

"Seperti di Jawa Barat itu ada pelajar namanya Yogi dari SMAN 1 Surade yang memang bukan anak atletik, tetapi berhasil juara di SAC, ikut training camp ke Australia bahkan didelegasikan untuk Kejurnas. Kami berharap di DKI Jakarta juga," terang Amir. 

Baca Juga: Roadshow SAC Singgah di SMAN 2 Tangsel, Dihadiri Juara Tahun Lalu!

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air. Yang merupakan hasil kolaborasi antara Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Tahun ini juga merupakan musim kedua bagi SAC Indonesia menggelar kompetisinya. Salah satunya akan singgah di Jakarta. 

Bertajuk Jakarta Banten Qualifiers, Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di Stadion Atletik, Rawamangun, Jakarta, pada 3-5 November 2023 mendatang. Kompetisi ini bisa diikuti oleh semua jenjang pendidikan. Mulai dari SD, SMP hingga SMA. Dan melombakan lima main event: sprint, middle distance, relays, long jump hingga shot put. 

Pendaftaran Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers telah dibuka sejak 25 Juli 2023. Periode registrasinya akan diperpanjang hingga 22 Oktober 2023. Pelajar yang ingin mendaftarkan dirinya bisa melakukan pendaftaran melalui www.sacindonesia.com atau mengirimkan berkas secara offline dengan menghubungi: Admin Jakarta  - 0813 3380 4505

Baca Juga: Data Pendaftaran SAC Indonesia Belum Diverifikasi? Jangan Khawatir, Lakukan Ini!

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES