Fikri Firmansyah menjadi pelari keempat dalam babak final 4x100 meter Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers merupakan kompetisi opening di SAC Indonesia musim baru. Catatan waktu di semua nomor lomba yang terlihat baru hanya berasal dari Sumatera Qualifiers. Rupanya, SMAN 4 Kisaran sudah tidak sabar untuk mengetahui bagaimana lawan-lawannya di babak National Championship nanti.

SMAN 4 Kisaran merupakan pemegang gelar 2nd Place dalam nomor estafet 4x100 meter putra. Dalam babak final Sumatera Qualifiers, skuad estafet sekolah tersebut mencatatkan perolehan 46,43 detik. Mereka finis di belakang SMAN 1 Bandar Lampung. Yang saat ini masih memegang juara 4x100 meter putra Sumatera Qualifiers. 

"Sebenarnya estafet juga hal baru untuk kami. Karena kami berempat berbeda-beda nomor lomba atletik. Kami awalnya iseng-iseng ingin berangkat ke nasional berempat. Agar nggak individu. Sekarang sudah dapat kesempatan, penasaran lawannya," terang Fikri Firmansyah, salah satu skuad estafet.

Baca Juga: Mengenal Baton Stick, Sebutan Keren untuk Tongkat Estafet

Nantinya, Fikri Firmansyah akan ditemani oleh Palentino Rossi Situmorang, Habib Ramadhan Syahfitra dan Nicko Arya Finanda. Mereka akan kembali berlaga untuk memperebutkan titel Champion SAC. Hingga hari ini, lawan di depan mereka masih SMAN 1 Bandar Lampung. Yang unggul dengan perolehan waktu 45,3 detik.

"Kami yakin bisa memberikan yang terbaik. Karena skuad estafet kami sendiri terdiri dari sprinter. Saya sendiri di nomor 100 meter, sementara Habib dan Palen fokus belajar 400 meter," ujar Fikri.

Berjuang sebagai tim merupakan pengalaman baru bagi SMAN 4 Kisaran. Banyak hal yang harus mereka sesuaikan. Mulai dari jadwal berlatih. Hingga pengoperan tongkat. Yang tentunya membutuhkan chemistry besar. "Kami latihan komplet sebagai tim itu seminggu sekali. Latihannya memang tiga kali. Tapi lengkapnya hanya sekali. Hanya saja kita memang telah percaya satu sama lain," ungkap Fikri.

Baca Juga: Winda Theresia Ingin Segera ke Solo, Penasaran dengan Stadion Manahan

Skuad estafet SMAN 4 Kisaran menargetkan bisa training camp ke luar negeri. Pasalnya, ini bisa menjadi kesempatan yang baik bagi mereka untuk lebih berkembang lagi. Karena SMAN 4 Kisaran bisa belajar banyak hal baru di Australia. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah menuntaskan penyelenggaraan qualifiers perdana di Medan Sumatra Utara. Di Sumatera Qualifiers, kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar yang berasal dari 350 sekolah. Energen Champion SAC Indonesia Sumatera Qualifiers diselenggarakan pada 1-3 September 2023.  

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak NationaChampionship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES