Siswa-siswi SMAN 4 Kisaran saat berlatih atletik untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia

Elfhira Nur Sadrina berhasil membuat gebrakan besar dalam Energen Champion SAC Indonesia. Siswi SMAN 4 Kisaran tersebut menempati posisi runner up dalam lompat jauh putri di Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers. Dengan prestasinya itu, Elfhira kemudian menembus babak National Championship, yang digelar di Jakarta. 

Perolehan Elfhira rupanya menginspirasi banyak pelajar lain di sekolahnya. Tahun ini, SMAN 4 Kisaran akan kembali berlaga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Mereka berencana mengirimkan lebih dari 20 orang.

"Kalau tahun kemarin itu di nomor lompat jauh dan sprint. Tahun ini lebih banyak, nomornya juga beragam," kata Hendri Tambunan, guru PJOK SMAN 4 Kisaran. 

sosok Elfhira, yang menduduki posisi runner up lompat jauh putri Energen Champion SAC Indonesia 2022-North Sumatera Qualifiers

SMAN 4 Kisaran cukup serius dalam menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023. Mereka bahkan berlatih di klub atletik milik sendiri sekolah tersebut. Yang telah berdiri sejak tahun 2006. "Atletik itu memang menjadi cabang olahraga kebanggaan sekolah kami. Tahun lalu, anak didik kami ada yang sampai mendapatkan medali di PON XX Papua," lanjut Hendri. 

Biasanya, klub atletik SMAN 4 Kisaran melakukan latihan empat kali dalam seminggu. Bahkan untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023, sekolah tersebut berlatih saat weekend. Yang dibimbing langsung oleh Hendri sendiri. 

Hendri mengaku senang ketika Energen Champon SAC Indonesia diselenggarakan untuk pertama kalinya setelah Pandemi Covid-19 usai. Pasalnya, anak-anak bisa langsung membuktikan hasil latihannya selama pembelajaran di rumah berlangsung. "Karena di Kabupaten Asahan sendiri itu tidak banyak kompetisi atletik diadakan. Apalagi setelah Pandemi," tutur Hendri. 

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut SAC Indonesia

Nantinya, skuad SMAN 4 Kisaran akan berlaga di Stadion Unimed, Medan. Yang harus ditempuh selama 4-5 jam dari sekolah tersebut. "Meskipun jauh, tapi kita sekuat tenaga mengumpulkan semangat agar bisa memperoleh hasil yang maksimal tahun ini. Semoga, ada wakil-wakil SMAN 4 Kisaran yang sukses di tingkat nasional," tandas Hendri. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES