Simak Jadwal SAC Indonesia 2023!

Jingga Irawan - 11 September 2023
Keseruan perlombaan lari 80 meter dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah bergulir. Tahun ini, kompetisi atletik terbesar di Indonesia itu akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Di antaranya, Sumatera Qualifiers (Medan), West Java Qualifiers (Bandung), Bali Nusra Qualifiers (Kupang), Jakarta Banten Qualifiers (Jakarta) dan Central Java Qualifiers (Semarang). 

Para pelajar yang memenuhi persyaratan dari enam wilayah kualifikasi tersebut dapat mengikuti SAC Indonesia. Kompetisi atletik ini menyediakan beberapa nomor lomba untuk jenjang SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat. yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put).

Nah, bagi kamu yang telah berminat untuk unjuk bakat di SAC Indonesia. Berikut adalah jadwal SAC Indonesia 2023 selengkapnya, yuk cek.

Jadwal Energen Champion SAC Indonesia 2023

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah mengumumkan daftar regional qualifiers melalui Instagram dan website. Regional qualifiers pertama dari SAC Indonesia diselenggarakan pada awal September 2023. Babak wilayah kualifikasi ini akan berakhir pada Desember 2023. Berikut jadwalnya:

1. Sumatera Qualifiers 

1-3 September 2023 (Stadion UNIMED, Medan)

2. West Java Qualifiers

22-24 September 2023 (Stadion Arcamanik, Bandung)

3. Bali Nusra Qualifiers

26-29 Oktober 2023 (Stadion Oepoi, Kupang)

4. Jakarta Banten Qualifiers

3-5 November 2023 (Stadion Rawamangun, Jakarta)

5. Central Java Qualifiers

24-26 November 2023 (GOR Tri Lomba Juang, Semarang)

6. East Java Qualifiers

8-10 Desember 2023 (Lapangan THOR, Surabaya)

Sementara itu, pelaksanaan Energen Champion SAC National Championship akan berlangsung pada Januari 2024. Yang rencananya akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Juara dari masing-masing regional qualifiers akan bersaing di babak National Championship. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES