Rifki Rizki, sebagai pelari keempat dalam babak final 4x100 meter Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Selebrasi SMAN 1 Matauli Pandan berlangsung mengharukan. Setelah finis ketiga dan mengamankan tiket National Championship dalam babak final 4x100 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, skuad sekolah tersebut saling berpelukan. 

Salah satu anggota tim estafet sekolah tersebut, Samuel Alparo Sitanggang, histeris. Ia berulang kali mengatakan bahwa akan naik pesawat kepada teman satu timnya. "Kita naik pesawat, bro!" ucap Samuel berulang kali. 

Sebagaimana diketahui, pemegang gelar Winner, 2nd Place dan 3rd Place akan melaju ke babak National Championship. Yang rencananya digelar di Solo, Jawa Tengah, pada Januari 2024 mendatang. Dengan demikian, Samuel Alparo Sitanggang, Teguh Imam Santoso, Muhammad Rizqi Agung Sinaga dan Rifki Rizki akan berlaga di babak puncak. 

"Saya mau ke Solo naik pesawat. Karena ini pertama kalinya juga. Soalnya di kampung mana ada pesawat. Paling ada pun, pesawat-pesawatan," tutur Samuel. 

Tim estafet SMAN 1 Matauli Pandan baru terbentuk. Tepatnya saat akan mengikuti Energen Champion SAC Indonesia 2023. Itu juga merupakan inisiatif dari mereka sendiri. Sejak saat itu mereka berlatih dalam nomor lari bersambung (estafet). "Kami sebenarnya ingin ikut sprint 100 meter. Tapi melihat catatan juara tahun lalu, kami kurang percaya diri, akhirnya kamu membentuk tim estafet," kata Rifki Rizki, anggota estafet yang lain. 

Baca Juga: SMAN 1 Bandar Lampung Kampiun 4x100 Meter Putra Sumatera Qualifiers

Perolehan SMAN 1 Matauli Pandan begitu mengagumkan. Awalnya, mereka berada di posisi keempat di babak penyisihan. Namun, saat di babak final, Rifki dan timnya berhasil menempati posisi ketiga. "Nanti kami akan berjuang lebih keras lagi ke depannya," kata Rifki.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah menuntaskan penyelenggaraan qualifiers perdana di Medan Sumatra Utara. Di Sumatera Qualifiers, kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar yang berasal dari 350 sekolah. Energen Champion SAC Indonesia Sumatera Qualifiers diselenggarakan pada 1-3 September 2023.  

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak NationaChampionship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES