Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 memiliki dua nomor lapangan yang diperlombakan. Yakni lompat jauh dan tolak peluru. 

Dalam dua nomor tersebut, SAC Indonesia mengadopsi aturan yang telah berlaku dari World Athletics, tentunya dengan beberapa penyesuaian dengan kebutuhan SAC Indonesia 2023. Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh peserta nomor lapangan adalah penentuan giliran saat berkompetisi dan jumlah percobaan yang diperoleh masing-masing sekolah. 

Setiap peserta berhak melakukan lompatan/lemparan percobaan maksimal sebanyak dua kali yang pelaksanaanya akan diatur secara bergiliran oleh panitia pelaksana. 

Dalam nomor lompat jauh dan tolak peluru setiap peserta berhak melakukan lompatan/tolakan sebanyak 3 (tiga) kali. Juaranya ditentukan berdasarkan hasil lemparan/tolakan/lompatan yang terjauh. Selain itu, dalam momen ini, para peserta tidak boleh meninggalkan lapangan dan harus menyaksikan peserta lainnya menyelesaikan kompetisi. 

Sebelum peserta berlomba diwajibkan pemanasan. Setelah melakukan pemanasan ke roll call untuk mengikuti prosesi dan prosedur pemanggilan.

Untuk seluruh nomor lompat dan lempar, pemanggilan pertama peserta dilaksanakan 45 menit sebelum nomor perlombaan ini dimulai dan pemanggilan terakhir 30 menit sebelum nomor perlombaan dimulai. Selanjutnya 20 menit sebelum perlombaan dimulai para peserta masuk ke arena perlombaan.

Baca Juga: Atlet Profesional Dilarang Ikut SAC Indonesia, Cek Syaratnya

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia akan segera bergulir. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship khusus untuk tingkat SMA. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES