Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 sebentar lagi bergulir. Pelajar dari regional qualifiers yang memenuhi syarat diperbolehkan untuk mendaftar. Salah satu persyaratan yang perlu diperhatikan oleh calon peserta adalah pemain profesional dilarang untuk mengikuti SAC Indonesia. Pasalnya, SAC Indonesia memang diperuntukkan bagi pelajar non atlet.

Definisi pemain profesional menurut SAC Indonesia 2023 adalah pemain yang sedang terdaftar atau pernah terdaftar di sekolah binaan olahraga. Seperti PPLP, SKO, KKO, PPLOPD, PPLPD, PAB, PPOP, PPOPD, Sentra Olahraga, serta semua program pembinaan di bawah Pengurus Provinsi maupun pemerintah dan sejenisnya. 

Selain itu, pelajar yang yang pernah berlaga dan juara dalam kompetisi seperti ASEAN School Games, JURNAS, PON dan POPNAS juga dilarang untuk ikut serta. Siswa yang pernah juara 1, 2, dan 3 di JURNAS dan National Championship.

Namun, peserta SAC Indonesia tetap juga harus memenuhi persyaratan umum. Yakni harus berstatus sebagai pelajar SD, SMP dan SMA saat mengikuti SAC Indonesia. Hal tersebut dibuktikan oleh Nomor Induk Siswa Nasional. Selain itu, pelajar yang pernah tidak naik kelas juga dilarang untuk ikut SAC Indonesia. 

Untuk batas usia yang diperbolehkan mendaftar dalam SAC Indonesia, sebagai berikut: 

a. Peserta tingkat SD maksimal usia 12 tahun 11 bulan.

b. Peserta tingkat SMP maksimal usia 15 tahun 11 bulan.

c. Peserta tingkat SMAmaksimalusia18 tahun 2023/maksimal kelahiran 2005.

Kemudian, khusus pelajar SD kelas 6 dan SMP kelas 9 tahun ajaran 2022/2023 tidak diperbolehkan mengikuti SAC Indonesia 2023. Untuk pelajar SD kelas 6 dan SMP kelas 9 tahun 2023/2024 diperbolehkan mendaftar. (Khusus Sumatera, West Java, dan Bali Nusra Qualifiers).

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship khusus untuk tingkat SMA. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES