Pendaftaran Studet Athletics Championships (SAC) Indonesia telah dibuka. Bagi kamu yang berada di wilayah regional qualifiers tersebut tentunya jangan lupa mendaftar ya! Tapi sebelum kamu melakukan pendaftaran, pastikan bahwa semua peraturan kompetisi sudah kamu perhatikan, ya. Salah satunya perihal pakaian dan sepatu. 

Meskipun pada dasarnya, jersey yang digunakan dalam SAC Indonesia adalah bebas, peserta disarankan memakai apparel olahraga. Ini juga demi kenyamanan kamu saat berlomba, lho. Selain itu, apparel olahraga juga telah didesain khusus untuk aktivitas olahraga. Sehingga, pakaian itu akan melindungi kamu dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Peserta wajib menggunakan jersey yang sesuai dengan peraturan SAC Indonesia 2023. Yaitu peserta harus mengenakan pakaian yang bersih, dan dengan desain sedemikian rupa sehingga tidak berat saat dipakai. Ini juga memudahkan kamu saat berlomba. Satu hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah jersey peserta harus memiliki warna yang sama pada bagian depan dan belakang. 

Khusus Tim pada nomor estafet, peserta wajib menggunakan warna pakaian yang serupa dalam satu tim. Paling tidak untuk setelan atas peserta. Ini untuk memudahkan kamu sendiri dalam mengenali timmu ketika berlari. 

Jersey yang kamu pakai juga harus terbuat dari bahan yang tidak transparan, ya. Bahkan saat dalam kondisi basah basah. Peserta tidak boleh memakai pakaian yang dapat mengganggu pandangan para petugas pertandingan.

Setiap peserta boleh menggunakan sepatu satu kaki, boleh kedua-duanya dan boleh tidak menggunakan sepatu. 

Dalam perlombaan, sepatu berfungsi untuk memberikan perlindungan dan keseimbangan pada kaki dan cengkeraman yang kokoh pada tanah. Tetapi sepatu tidak boleh dibuat untuk memberi bantuan tambahan yang dapat menguntungkan peserta secara curang. Tali sepatu yang melilit punggung kaki diizinkan. Semua macam sepatu perlombaan harus disahkan oleh SAC Indonesia.

Gimana? Sudah nentuin mau pake sepatu apa dalam SAC Indonesia mendatang?

Baca Juga: Tips Memilih Sepatu Lari Spikes untuk Atletik

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lima main event. Yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics.

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers dan Bali Nusra Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di kedua provinsi itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES