Para calon juara waktunya siap-siap. Periode pendaftaran dari Student Athletics Championships (SAC) Indonesia terus berjalan. Bagi kamu yang ingin bersaing dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia ini, pastikan jangan sampai terlewat untuk mendaftar. Terutama dalam kelengkapan berkas peserta dan ofisial. 

Ngomong-ngomong soal ofisial, kira-kira berapa ya jumlah pendamping yang boleh didaftarkan oleh setiap sekolah?

Nah, berdasarkan regulasi SAC Indonesia 2023, ofisial yang didaftarkan maksimal terdiri dari 4 (empat) orang, yaitu sebagai manajer, pelatih, atau guru pendamping. Yang dimaksud ofisial adalah orang yang ditunjuk dari sekolah sebagai penghubung antara sekolah dan panitia.

Nantinya, segala komunikasi mengenai peserta dari sekolah yang bersangkutan tetap melalui ofisial. Ofisial harus berusia minimal 18 tahun dan wajib berpakaian rapi mengenakan sepatu dan berkaus kaki. Ofisial juga wajib menggunakan celana panjang. 

Segala hal yang berkaitan dengan peserta dan sekolah, hanya akan disampaikan melalui ofisial. Jika ofisial berhalangan hadir, maka posisinya akan digantikan oleh masing-masing peserta.

Seluruh ofisial yang hadir mempunyai tanggung jawab menjadi penanggung jawab protokol kesehatan tim selama mengikuti proses perlombaan, mulai dari kedatangan, pertandingan hingga sampai selesai dan meninggalkan Stadion.

Selain itu, ofisial yang di daftarkan tidak boleh merangkap ofisial sekolah lain atau sebagai petugas pertandingan maupun panitia.

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers dan Bali Nusra Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di kedua provinsi itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES