Kompetisi Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 ada lagi nih! Buat kamu yang sudah nggak sabar untuk mengikuti perlombaan SAC Indonesia, bisa langsung segera mendaftar di website resmi www.sacindonesia.com. Pendaftaran untuk regional qualifiers Sumatera, West Java dan Bali Nusra Sudah dibuka. 

Tetapi, sebelum kamu mengirimkan berkas pendaftaran, pastikan bahwa kamu sudah membaca regulasinya, ya. Ketentuan kostum, alat perlombaan yang digunakan hingga aturan umum lain di lokasi perlombaan telah diatur dalam regulasi perlombaan yang telah dibuat oleh SAC Indonesia. Regulasi ini bersifat mutlak dan nggak bisa diganggu gugat oleh pihak manapun. 

Kali ini, SAC Indonesia akan membahas tentang salah satu nomor lapangan yang diperlombakan di SAC Indonesia, yakni tolak peluru. Di SAC Indonesia, tolak peluru hanya bisa diikuti oleh siswa tingkat pendidikan SMP dan SMA. 

Peraturan perlombaan yang digunakan SAC Indonesia 2023 adalah World Athletics Competition Rules yang telah disesuaikan dengan kebutuhan SAC Indonesia. Peralatan yang digunakan dalam kompetisi SAC Indonesia 2023 sesuai dengan standar PASI yang diadopsi dari World Athletics Technical Rules.

Nah, untuk nomor lomba tolak peluru menggunakan berat peluru untuk SMP putra 4 Kg dan SMP putri 3 Kg. Sedangkan, untuk SMA Putra 5 Kg dan SMA Putri 4 Kg. Dalam tolak peluru, setiap peserta berhak melakukan tolakan sebanyak 3 (tiga) kali. Juaranya sendiri  ditentukan berdasarkan hasil lemparan/tolakan/lompatan yang terjauh. Gitu ya gengs?

Baca Juga: Mengenal Berbagai Nomor yang Diperlombakan dalam SAC Indonesia

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lima main event. Yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics.

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers dan West Java Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di kedua provinsi itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES