Berbagai kompetisi dalam penyelenggaraan Student Athletics Championships (SAC) Indonesia

Kalian pasti sudah mengenal Student Athletics Championships (SAC) Indonesia. Yakni kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air. Kompetisi ini diperuntukkan bagi pelajar Indonesia yang tidak berstatus sebagai atlet profesional. Artinya, SAC Indonesia dapat diikuti oleh pemula. Pelajar yang belum pernah mengikuti kompetisi atletik dan tidak belajar di klub tertentu dapat mendaftar.

SAC Indonesia telah menggelar kompetisi perdananya pada tahun 2022. Yang tersebar di sembilan regional qualifiers. Yakni Bali Nusra, Papua, Yogyakarta, Kalimantan, East Java, North Sumatera, Jakarta Banten, West Java dan Central Java. Kompetisi National Championship. 

SAC Indonesia melombakan lima main event. Yakni lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari estafet, lompat jauh dan tolak peluru. Serta supporting event yang terdiri dari Kids' Athletics. Namun, perlombaan ini memilki intensitas yang berbeda, sesuai dengan tingkat pendidikan. 

Nomor Lomba yang Diadakan di Tingkat Sekolah Dasar (SD)

Siswa tingkat SD bisa mengikuti beberapa perlombaan dalam SAC Indonesia. Di antaranya, lari jarak pendek (60 meter), lari estafet (8x50 meter) dan Kids' Athletics (Kanga's Escape dan Formula One)

-Lari jarak pendek 60 meter adalah kompetisi lari yang mewajibkan peserta untuk berlari sejauh 60 meter di dalam lintasan atletik. Aturan dalam kompetisi ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SAC Indonesia. Dalam lari 60 meter, peserta yang finis pertama dan mengantongi catatan waktu tercepat adalah pemenangnya. 

-Lari estafet (8x50 meter) adalah kompetisi lari bersambung yang dilakukan berkelompok. Yakni terdiri dari 8 anggota. Aturan dalam kompetisi ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SAC Indonesia. Dalam perlombaan lari estafet, peserta harus membawa tongkat secara bersambung hingga garis finis. 

-Kanga's Escape: Kanga's Escape merupakan salah satu jenis Kids' Athletics. Yang terdiri dari lari bolak-balik dengan kombinasi hurdles (lari gawang) dan sprint (lari jarak pendek)

-Formula One: Formula One merupakan modifikasi dari beberapa nomor cabang olahraga atletik. Antara lain, rolling, sprint (lari jarak pendek), hurdles (lari gawang), dan slalom course (lari berkelok-kelok). Formula One pada umumnya dimainkan secara berkelompok. Menggunakan start berdiri dengan lintasan berbentuk oval atau melingkar.

Nomor Lomba yang Diadakan di Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Siswa tingkat SMP bisa mengikuti beberapa perlombaan dalam SAC Indonesia. Di antaranya lari jarak pendek (80 meter), lari jarak menengah (800 meter) dan lari estafet (5x80 meter), tolak peluru dan lompat jauh.

-Lari jarak pendek (80 meter) adalah kompetisi lari di mana setiap peserta harus menyelesaikan jarak 80 meter dalam sebuah lintasan. Aturan dalam kompetisi ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SAC Indonesia. Dalam lari 80 meter, peserta yang finis pertama dan mengantongi catatan waktu tercepat adalah pemenangnya. 

-Lari jarak menengah (800 meter) adalah kompetisi lari di mana setiap peserta harus melalui jarak 800 meter dua kali putaran. Aturan dalam kompetisi ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SAC Indonesia. Dalam lari 800 meter, peserta yang finis pertama dan mengantongi catatan waktu tercepat adalah pemenangnya.

-Lari estafet (5x80 meter) adalah perlombaan lari bersambung yang dilakukan berkelompok. Yakni terdiri dari 5 anggota. Aturan dalam kompetisi ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SAC Indonesia. Dalam perlombaan lari estafet, peserta harus membawa tongkat secara bersambung hingga garis finis. 

-Tolak peluru adalah olahraga yang terdiri dari aktivitas menolak suatu objek sejauh mungkin. Dalam kompetisi ini, seorang atlet harus melemparkan peluru ke area lemparan yang telah ditentukan. Aturan dalam kompetisi ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SAC Indonesia. Dalam tolak peluru, atlet yang memperoleh jarak terjauh adalah pemenangnya. 

-Lompat jauh adalah olahraga yang terdiri dari aktivitas melompat dan berusaha memperoleh jarak lompatan terjauh dalam sebuah kompetisi. Dalam lompat jauh, seorang atlet harus melakukan lompatan dalam sebuah bak pasir. Pengukuran dan aturan dalam kompetisi ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SAC Indonesia.

Nomor Lomba yang Diadakan di Tingkat SMA

Siswa tingkat SMA bisa mengikuti beberapa perlombaan dalam SAC Indonesia. Di antaranya lari jarak pendek (100 meter), lari jarak menengah (1.000 meter) dan lari estafet (4x100 meter), tolak peluru dan lompat jauh.

-Lari jarak pendek (100 meter) adalah kompetisi lari di mana setiap peserta harus menyelesaikan jarak 100 meter dalam sebuah lintasan. Aturan dalam kompetisi ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SAC Indonesia. Dalam lari 100 meter, peserta yang finis pertama dan mengantongi catatan waktu tercepat adalah pemenangnya. 

-Lari jarak menengah (1.000 meter) adalah kompetisi lari di mana setiap peserta harus melalui jarak 800 meter dua kali putaran. Aturan dalam kompetisi ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SAC Indonesia. Dalam lari 800 meter, peserta yang finis pertama dan mengantongi catatan waktu tercepat adalah pemenangnya.

-Lari estafet (4x100 meter) adalah perlombaan lari bersambung yang dilakukan berkelompok. Yakni terdiri dari 4 anggota. Aturan dalam kompetisi ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SAC Indonesia. Dalam perlombaan lari estafet, peserta harus membawa tongkat secara bersambung hingga garis finis. 

-Tolak peluru adalah olahraga yang terdiri dari aktivitas menolak suatu objek sejauh mungkin. Dalam kompetisi ini, seorang atlet harus melemparkan peluru ke area lemparan yang telah ditentukan. Aturan dalam kompetisi ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SAC Indonesia. Dalam tolak peluru, atlet yang memperoleh jarak terjauh adalah pemenangnya. 

-Lompat jauh adalah olahraga yang terdiri dari aktivitas melompat dan berusaha memperoleh jarak lompatan terjauh dalam sebuah kompetisi. Dalam lompat jauh, seorang atlet harus melakukan lompatan dalam sebuah bak pasir. Pengukuran dan aturan dalam kompetisi ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SAC Indonesia.

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship khusus untuk tingkat SMA. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES