Abdul Hafiz saat menerima medali emas di Morodok Techo National Stadium

Peraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja di nomor lempar lembing, Abdul Hafiz, mengaku antusias menyambut Student Athletics Championships (SAC) Indonesia. Atlet asal Binjai, Sumatera Utara tersebut yakin SAC Indonesia bisa semakin mempopulerkan cabang olahraga atletik.

Menurut Hafiz, begitu ia kerap disapa, bergulirnya SAC Indonesia 2023 akan menjadi alat agar pelajar di Indonesia lebih bersemangat meraih prestasi. Terutama bagi mereka yang menggeluti olahraga atletik. 

“Dengan SAC Indonesia, kita bisa mengajarkan pelajar-pelajar agar mengetahui tentang apa aja di atletik. Mengenalkan apa saja yang belum populer di atletik. Adanya SAC Indonesia ini bisa menarik lagi peminat-peminat di atletik. Semoga bisa mendunia. Kan target kita pastinya di Olimpiade,” katanya. 

Terlebih lagi, konsep SAC Indonesia bisa diikuti semua pelajar non atlet profesional. Sehingga bisa menjangkau lebih banyak pelajar. “Karena kalau PPLP itu kan terbatas. Bahkan, kalau dulu seandainya ada SAC gini saya mungkin lebih giat lagi. Karena kompetisi dulu tidak sebanyak sekarang,” lanjut Hafiz. 

Baca Juga: Indonesia Raih Dua Medali Lempar Lembing di SEA Games Kamboja 2023

Meskipun begitu, Hafiz berharap agar disiplin perlombaan di SAC Indonesia ditambah. Khususnya untuk nomor lempar. “Semoga kedepannya akan banyak nomor-nomor baru. Tapi untuk ukuran kompetisi pelajar dengan ada nomor-nomor yang biasanya dikenal seperti tolak peluru, saya sudah mengapresiasi sekali,” tuturnya. 

Hafiz juga ingin agar student athlete yang telah menggeluti atletik tetap konsisten untuk berlatih. Pasalnya, prestasi luar biasa hanya bisa didapat dengan latihan sungguh-sungguh dan tetap semangat. 

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lima main event. Yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. 

Baca Juga: Skuad Atletik Indonesia Optimistis Bawa Lima Medali Emas di SEA Games Kamboja

Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di kedua provinsi itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES