Abdul Hafiz saat menerima UPP di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, usai meraih medali emas

Sumatera Utara memang gudangnya atlet atletik berprestasi. Baru-baru ini, Abdul Hafiz, atlet asal Sumut, berhasil meraih medali emas untuk nomor lempar lembing putra di SEA Games 2023 di Kamboja. 

Perolehan ini tentunya menjadi sejarah membanggakan bagi Indonesia. Meski dengan tantangan cuaca, Abdul Hafiz sukses mencatatkan lemparan sejauh 69,60 meter. 

Menurut Hafiz, perolehannya kali ini di luar dugaan. Meskipun sukses membawa pulang emas, lemparannya tak jauh lebih baik dari SEA Games 2021 Vietnam. Saat itu, Hafiz mengantongi jarak lemparan 70,58 meter. 

SEA Games 2023 di Kamboja menjadi kali keempat Abdul Hafiz ikut serta. Dalam SEA Games 2021 di Vietnam, Abdul Hafiz hanya membawa pulang medali perak. Saat itu, ia mengaku tak puas dengan perolehannya. Namun kini, Abdul Hafiz membuktikan mampu tampil dan meraih hasil maksimal, meski dengan tantangan cuaca. 

Baca Juga: Indonesia Raih Dua Medali Lempar Lembing di SEA Games Kamboja 2023

“Anginnya cukup kencang dan saya memang tidak membawa lembing dari Jakarta. Sebab saya pikir seperti SEA Games sebelumnya, panitia menyediakan lembing. Tapi tidak sesuai ekspektasi, karena lembingnya berbeda dengan yang biasa saya gunakan,” kata Hafiz. 

Tim atletik Indonesia sukses membawa pulang total tujuh emas, tiga perak dan sembilan perunggu. Perolehan ini tentunya di luar target dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). 

Baca Juga: Lempar Lembing: Pengertian, Sejarah, Teknik, dan Gaya

Perolehan ini juga menjadikan sebagai cabang olahraga yang memiliki medali terbanyak ketiga, serta menjadi cabor perolehan medali emas terbanyak kedua bagi kontingen Indonesia di belakang Pencak Silat yang telah membukukan 9 medali emas. (*)

  RELATED ARTICLES