Maria Natalia Londa saat beraksi dalam invitasi atletik nasional pada 13 Januari 2023

Atlet atletik nomor lompat Indonesia, Maria Natalia Londa, berhasil meraih medali perak untuk nomor lompat jangkit putri di SEA Games Kamboja 2023, yang digelar Senin, 8 Mei 2023. Maria berhasil mencatatkan lompatan terbaik kedua dengan jarak 13,50 meter. Mengalahkan pesaing dari negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Maria Natalia Londa memang berjaya di nomor lompat jangkit dan lompat jauh. Banyak yang menyebut SEA Games adalah kompetisi yang melekat pada dirinya. Atlet berusia 32 tahun itu berhasil menyabet emas lompat jangkit pada SEA Games Myanmar 2013 dan SEA Games Singapura 2015. Pada kompetisi tersebut, Maria juga sukses menyabet medali emas untuk lompat jauh. 

Maria sukses menjadi salah satu dari 27 kontingen atletik untuk SEA Games 2023 setelah melampaui limit yang ditetapkan PB PASI dalam invitasi atletik nasional yang digelar pada Januari lalu. Atlet asal Bali tersebut bersyukur dapat kesempatan untuk menjadi wakil Indonesia di pesta olahraga Asia Tenggara. 

Baca Juga: Maria Natalia Londa Antusias Sambut SEA Games 2023 di Kamboja

“Selama ini saya terus berlatih, target pribadi ingin lebih bagus dari catatan sebelumnya,” kata Maria kepada SAC Indonesia. "Berharap semua latihan berjalan dengan baik dan lancar serta diberikan kesehatan sampai berlomba dan dapat maksimal dalam perlombaan nanti,” tambah Maria. 

Maria Natalia Londa merupakan salah satu atlet yang mendukung Energen Champion SAC Indonesia. Menurutnya kompetisi pelajar ini dapat menemukan bibit-bibit atletik baru. 

Energen Champion SAC Indonesia 2022 sukses menjaring pelajar bertalenta dari sembilan Regional Qualifiers. Yakni Bali Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika), Yogyakarta (Yogyakarta), Kalimantan (Banjarmasin), East Java (Surabaya), North Sumatera (Medan), DKI Jakarta Banten (Jakarta), West Java (Bandung) dan Central Java (Semarang). Sejak akhir September hingga pertengahan Desember. (*)

  RELATED ARTICLES