Agus Prayogo bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo

Perjalanan Agus Prayogo mendulang medali emas di SEA Games Kamboja 2023 tak mulus. Pelari andalan Indonesia di nomor lari jarak jauh dan marathon itu harus berlomba di suhu ekstrem 40 derajat celcius. 

Meskipun begitu, capaiannya di SEA Games kali ini begitu maksimal. Agus berhasil membawa pulang emas nomor marathon. Bahkan, perolehan ini dinilai bisa menjadi motivasinya menatap Asian Games Hangzhou yang digelar September mendatang.

"Yang pasti saya sangat senang bisa meraih medali emas di SEA Games kesembilan saya, dan ini medali emas saya yang ketujuh," ujarnya.

Menurut Agus Prayogo, SEA Games 2023 di Kamboja menjadi ajang SEA Games terberat yang pernah perwira pertama TNI AD Letnan Satu tersebut lalui. Seperti yang diketahui, ia haru bersaing menjadi yang tercepat di tengah cuaca panas 40 derajat celcius. 

Baca Juga: Agus Prayogo Tinggalkan Zona Nyaman demi Sukses di Atletik

“Tapi, bersyukurnya panitia memberikan water session per dua kilo yang biasanya standarnya per lima kilo. Kemarin per dua kilo," kenang Agus Prayogo.

Agus Prayogo mengungkap bahwa banyak atlet unggulan dari negara lain yang tidak finis (DNF). Ia meyakini ini tampaknya karena cuaca ekstrem. Namun, Agus sendiri tetap berjuang karena mengantongi tekad yang besar. 

"Tahun ini saya senang sekali karena tahun lalu saya hanya bisa mempersembahkan medali perak di SEA Games Vietnam dan saya berhasil membuktikan bahwasannya usia adalah angka alhamdulillah tahun ini saya dapat medali emas di marathon," lanjutnya.

Telah mengantongi medali emas di SEA Games 2023, Agus Prayogo serius menargetkan Asian Games di Hangzhou. 

Baca Juga: Agus Prayogo Raih Emas Atletik Pertama di SEA Games 2023 Kamboja

“Jadi kalau memang nanti ada rejeki kita lanjut ke Asian Games di Tiongkok. Persiapannya pelatnas ke Asian Games jadi nanti bisa tetap on fire," tambahnya.

Agus berharap regenerasi atlet atletik bisa terus dijaga sehingga atletik mampu mengharumkan nama bangsa hingga di tingkat dunia. Bahkan, sampai di Olimpiade.

"Atletik ini adalah salah satu nomor olimpik yang memang diunggulkan untuk menyumbangkan medali emas untuk Indonesia, harapan saya regenerasi atlet atletik bisa terus berlanjut sehingga tidak hanya di SEA Games tapi juga bisa mengharumkan Indonesia di level Asian Games dan Olimpiade," harapnya. (*)

  RELATED ARTICLES