Foto: Instagram/ sapwaturrahman.com

Cabang olahraga atletik kembali menyumbangkan medali bagi Indonesia dalam SEA Games Kamboja 2023. Kali ini ada andalan lompat jauh Indonesia, Sapwaturrahman, yang sukses meraih medali perunggu di nomor lompat jauh putra pada Selasa, 9 Mei 2023. 

Dalam ajang yang digelar di Stadion Morodok Techo National Stadium, Sapwa berhasil mencatat lompatan 7,62 meter. 

Lompatan tersebut berhasil Sapwa bukukan dalam percobaan kedua dalam enam kali percobaan. Menurut Sapwa, di lompatan ketiga pencapaiannya adalah 8 meter. “Namun sayang tadi didiskualifikasi. Keputusan juri itu mutlak jadi harus kita terima,” ungkap Sapwaturrahman dikutip dari ANTARA. 

Baca Juga: Mengenal Lompat Jauh: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Gaya

Tentunya, hasil ini masih jauh dengan yang diharapkan. Pencapaiannya ini masih sama dengan perolehannya ketika mengikuti SEA Games Vietnam 2021. Di mana ia juga membawa pulang medali perunggu. 

“Saya adalah peraih emas di SEA Games 2019 di Filipina. Kemudian di Vietnam ada kendala sedikit sehingga meraih perunggu. Kali ini perunggu lagi. Bisa diartikan tidak puas. Tapi harus disyukuri,” lanjut Sapwa.  

Baca Juga: PB PASI Kirim 27 Atlet Atletik Ke SEA Games Kamboja 2023, Cek Daftarnya!

Sapwa sekarang memiliki target lebih tinggi. Ia sedang fokus untuk lolos limit kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris. Targetnya adalah 8,27 meter. “Banyak pelajaran yang saya dapat di SEA Games 2023 untuk bisa lebih baik ke depannya,” kata Sapwa. 

Sejauh ini, cabang olahraga atletik telah meraih empat medali emas, dua perak dan enam medali perunggu. Diharapkan Indonesia dapat kembali meraih medali emas untuk olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES