SEBANYAK 10 juara pertama (16 pelajar) Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship siap diberangkatkan ke Shanghai, Tiongkok untuk menjalani international training. Selasa 23 April 2024, semua champion -julukan juara SAC Indonesia- sudah datang di Jakarta. Mereka menjalani serangkaian aktivitas, dari briefing hingga pelepasan oleh PB PASI.

Para champion akan melakoni international training di Shanghai selama 9 hari, 24 April-2 Mei 2024. Di sana selain menjalani training, peserta juga akan diajak jalan-jalan mengunjung sejumlah spot menarik di Shanghai. Dan yang paling seru tentu nonton Diamond League, Sabtu 27 April 2024.

Sebelum berangkat ke Shanghai, para champion lebih dulu dikumpulkan di Jakarta. Mereka akan berangkat ke Shanghai bersama-sama dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta.

Sejumlah agenda telah disiapkan panitia untuk para champion saat mereka di Jakarta, Selasa 23 April 2024. Di ibu kota, selain persiapan, mereka juga akan diajak nonton aktivitas liga olahraga lainnya yang dihelat DBL Indonesia, yakni Kopi Good DBL Camp 2024 di GOR Soemantri.

Kopi Good Day DBL Camp 2024 merupakan kamp untuk jagoan basket di kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day. Mereka adalah para pemain basket yang terpilih masuk First Team dan Second Team di tiap seri penyelenggaraan DBL. Kata "seri" penyelenggaraan DBL merupakan istilah yang sama dengan "qualifier" di kompetisi SAC Indonesia.

Di Kopi Good Day DBL Camp 2024 itu para student athlete akan menjalani pelatihan sekaligus seleksi untuk dipilih menjadi skuad elite Kopi Good Day DBL Indonesia. All-Star.

Sebanyak 12 pemain putra dan putri yang terpilih dalam skuad elite Kopi Good Day DBL Indonesia berkesempatan menjalani internasional training ke negara yang selama ini menjadi kiblatnya basket dunia, Amerika Serikat.

"Kami akan bawa para champion melihat aktivitas Kopi Good Day DBL Camp agar mereka saling mengenal kompetisi pelajar yang dihelat DBL Indonesia. Agar mereka juga saling terinspirasi," kata Wiryawan Prasetyo dari SAC Indonesia.

Selain menyambangi Kopi Good Day DBL Camp 2024, malah harinya para champion akan dijamu makan malam PB PASI. Co-partner penyelenggara kompetisi SAC Indonesia sekaligus induk organisasi atletik Indonesia.

Selama di Shanghai, para peserta akan menjalani training di Shanghai University of Sports. Mereka dijadwalkan tiga hari melakoni training di sana.

Di luar aktivitas training, para peserta juga akan diajak eksplorasi kota Shanghai. Mereka diajak mengunjungi tempat-tempat wisata ikonik yang telah disiapkan partner DBL Indonesia di Shanghai.

Tempat-tempat yang diagendakan didatangi antara lain, The Bund, Nanjing Road, Jing'an Temple, Yu Garden, Nanjing Xi Road, Shanghai Natural Museum (MRT), Huaihai Zhong Road, Zhujiajiao Ancient Town, dan belanja di Qing pu factory outlet.

Tak hanya di Shanghai, champion juga diajak melipir ke kota tetangga, Suzhou. Di sana mereka mendatangi Suzhou Yuanrong Times Square. 

Peserta diajak ke Suzhou karena di sana mereka bakal diajak merasakan pengalaman berharga, nonton Diamond League.

Diamond League adalah event satu hari paling bergengsi di dunia untuk cabang olahraga atletik yang diselenggarakan oleh World Athletics dengan title partner. Diamond League adalah kompetisi luar ruangan yang melombakan 32 disiplin atletik sektor putra dan putri.

Baca Juga: Mengenal Diamond League, Kompetisi Atletik Paling Bergengsi di Dunia

Bak kontingen Indonesia yang sedang berlaga di ajang internasional, champion SAC juga akan diagendakan disambut oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Shanghai. "Sesuai agenda yang disampaika KJRI, Pak Konjen (pimpinan KJRI di Shanghai) akan mengundang champion untuk makan siang bersama," kata Wiryawan Prasetyo.

Sejak digelar dua musim ini, DBL Indonesia bersama PB PASI memang selalu memberikan reward untuk para champion SAC Indonesia lewat program international training. Di musim pertamanya, champion SAC dibawa menjalani international training di Australia.

Di tahun kedua, DBL Indonesia dan PB PASI memutuskan international training digelar di Tiongkok. Founder dan CEO DBL Indonesia Azrul Ananda sendiri yang mengumumkan reward untuk champion SAC ini saat closing ceremony National Championship 2023 di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 20 Januari 2024.

Baca Juga: Juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Diberangkatkan ke Tiongkok

Dipilihnya Shanghai, Tiongkok sebagai tujuan dari training camp tak lain karena Negeri Panda tersebut memiliki pengembangan atletik kelas dunia.

Bahkan Tiongkok disebut sebagai salah satu negara terkuat untuk atletik saat ini. Atlet-atlet kelas dunia seperti Guo Fan (sprinter) dan Yin Annuo (long distance runner) berasal dari Tiongkok.

Kebetulan, Shanghai, Tiongkok akan menjadi tuan rumah Diamond League.(*)

1. Juara Sprint 100m Putra:

Arfiansyah Adi Yuliarta (SMA Hang Tuah 1 Surabaya) - 11,32 detik

2. Juara Sprint 100m Putri:

Rizki Cahaya Ramadani (SMAN 1 Cepu) - 13,01 detik

3. Juara Relays 4x100m Putra:

SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang

4. Juara Relays 4x100m Putri:

SMAN 8 Kediri

5. Juara Middle Distance 1.000m Putra:

Mi'rojul Ridwan (MAN 5 Bojonegoro) - 2 menit 39,53 detik

6. Juara Middle Distance 1.000m Putri:

Vira Chazinatuss'ab (SMAN 7 Cirebon) - 3 menit 20,78 detik

7. Juara Lompat Jauh Putra:

Dzaky Maulana (SMAN 1 Blitar) - 6,33 meter

8. Juara Lompat Jauh Putri

Deiya Kurnia (SPMA H. Moenadi) - 5,02 meter

9. Juara Tolak Peluru Putra:

Juanda Kristian Hutagaol (SMKN 7 Medan) - 14,15 meter

10. Juara Tolak Peluru Putri:

Zahrina Amalia (SMAN 2 Banjarnegara) - 10,06 meter.(*)

  RELATED ARTICLES