SAMBUTAN hangat diberikan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) ketika para juara Energen Champion SAC Indonesia datang di Shanghai untuk menjalani program international training

Kamis pagi 25 April 2024 waktu setempat, para champion -julukan juara SAC Indonesia- diterima langsung oleh Konsul Jenderal (Konjen) RI di Shanghai, Berlianto Situngkir.

Mantan Direktur Kerjasama Ekonomi ASEAN Kemenlu RI itu antusias mengajak diskusi rombongan SAC Indonesia.

Berlianto mendengarkan dengan seksama ketika dijelaskan soal apa itu kompetisi Energen Champion SAC Indonesia. 

Dia mengapresiasi kolaborasi DBL Indonesia dan PB PASI yang kompak memikirkan bagaimana konsep memasifkan olahraga atletik di kalangan pelajar.

"Saya rasa ini bagus sekali," pujinya.

Oleh karena itu, melalui KJRI Shanghai, Berlianto mengaku siap mendukung program international training yang saat ini sedang dijalankan SAC Indonesia.

"Saya sangat menyambut baik inisiatif ini. Apalagi semangatnya untuk menjaring anak-anak muda kita yang berprestasi di bidang olahraga. Saya berharap program ini terus dilanjutkan agar ke depan kita punya banyak atlet potensial," jelasnya.


Berlianto Situngkir antusias saat menerima champion SAC Indonesia di KJRI Shanghai. 

Para champion SAC Indonesia terlihat senang mendapatkan kesempatan diterima KJRI. Bak delegasi atlet profesional yang sedang berkompetisi membela Indonesia di negera lain.

Baca Juga: Siap ke Shanghai, Ini Agenda Champion Selama Jalani International Training

Sebagaimana diketahui, sebanyak 10 juara pertama (16 pelajar) Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship diberangkatkan ke Shanghai, Tiongkok untuk menjalani international training.

Para champion melakoni international training di Shanghai selama 9 hari, 24 April-2 Mei 2024. Di sana selain menjalani training, peserta juga akan diajak jalan-jalan mengunjung sejumlah spot menarik di Shanghai. Dan yang paling seru tentu nonton Diamond League, Sabtu 27 April 2024.

Selama di Shanghai, para peserta akan menjalani training di Shanghai University of Sports. Mereka dijadwalkan tiga hari melakoni training di kampus tersebut.

Di luar aktivitas training, para peserta juga akan diajak eksplorasi kota Shanghai. Mereka diajak mengunjungi tempat-tempat wisata ikonik yang telah disiapkan partner DBL Indonesia di Shanghai.

Tempat-tempat yang diagendakan didatangi antara lain, The Bund, Nanjing Road, Jing'an Temple, Yu Garden, Nanjing Xi Road, Shanghai Natural Museum (MRT), Huaihai Zhong Road, Zhujiajiao Ancient Town, dan belanja di Qing pu factory outlet.

Tak hanya di Shanghai, champion juga diajak melipir ke kota tetangga, Suzhou. Di sana mereka mendatangi Suzhou Yuanrong Times Square. 

Peserta diajak ke Suzhou karena di sana mereka bakal diajak merasakan pengalaman berharga, nonton Diamond League.

Diamond League adalah event satu hari paling bergengsi di dunia untuk cabang olahraga atletik yang diselenggarakan oleh World Athletics dengan title partner. Diamond League melombakan 32 disiplin atletik sektor putra dan putri.(*)

Daftar Champion SAC Indonesia 2023 yang Mengikuti International Training di Shanghai

1. Juara Sprint 100m Putra:

Arfiansyah Adi Yuliarta (SMA Hang Tuah 1 Surabaya) - 11,32 detik

2. Juara Sprint 100m Putri:

Rizki Cahaya Ramadani (SMAN 1 Cepu) - 13,01 detik

3. Juara Relays 4x100m Putra:

SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang

4. Juara Relays 4x100m Putri:

SMAN 8 Kediri

5. Juara Middle Distance 1.000m Putra:

Mi'rojul Ridwan (MAN 5 Bojonegoro) - 2 menit 39,53 detik

6. Juara Middle Distance 1.000m Putri:

Vira Chazinatuss'ab (SMAN 7 Cirebon) - 3 menit 20,78 detik

7. Juara Lompat Jauh Putra:

Dzaky Maulana (SMAN 1 Blitar) - 6,33 meter

8. Juara Lompat Jauh Putri

Deiya Kurnia (SPMA H. Moenadi) - 5,02 meter

9. Juara Tolak Peluru Putra:

Juanda Kristian Hutagaol (SMKN 7 Medan) - 14,15 meter

10. Juara Tolak Peluru Putri:

Zahrina Amalia (SMAN 2 Banjarnegara) - 10,06 meter.(*)

  RELATED ARTICLES