Perlombaan sprint 100m final di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Energen Champion SAC Indonesia berhasil menuntaskan dua musim penyelenggaraan awalnya. 

Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut telah hadir di sembilan regional qualifiers, di antaranya Bali Nusra, Papua, Yogyakarta, Kalimantan, East Java, West Java, Jakarta Banten, Central Java, hingga Sumatera. 

Dari sembilan regional qualifiers tersebut, ada beberapa sekolah yang mengulangi prestasinya selama dua tahun berturut-turut. Bahkan perolehan medali mereka melampaui jajaran sekolah yang lain. Kali ini, SAC Indonesia akan merangkum 5 SMA dengan juara terbanyak di SAC Indonesia, selama penyelenggaraan 2022-2023. Siapa saja? Yuk, simak!

1. SMAN 2 Tangsel (Jakarta Banten Qualifiers)

SMAN 2 Tangsel memang gudangnya pelari jarak menengah. Sekolah tersebut terlibat dalam SAC Indonesia 2022-2023. Dan merajai nomor tersebut dalam kompetisi Jakarta Banten Qualifiers. 

Secara total, SMAN 2 Tangsel telah membawa pulang sembilan medali untuk SAC Indonesia 2022-2023. Sebanyak delapan di antaranya untuk nomor 1.000m putra dan putri. Sedangkan sisanya untuk nomor tolak peluru Putra. 

Beberapa pelajar SMAN 2 Tangsel yang merebut gelar dua kali, misalnya Taffarel Juan Chrissanto, yang menyandang gelar sebagai raja middle distance Jakarta Banten, dan Dhavina Novia Putri, hingga Sasha Symphony Az Zahra. Sementara nomor tolak peluru dijuarai Aga Abyan Zidane Pramudji. 

Baca Juga: Taffarel Juan Masih Perkasa di Nomor 1.000 Meter Putra

2. MAN 5 Bojonegoro (East Java Qualifiers)

Bukan hanya Jakarta Banten, East Java Qualifiers juga punya sekolah unggulan untuk nomor middle distance. Adalah MAN 5 Bojonegoro, yang berhasil membawa pulang 7 medali di nomor 1.000m putra dan putri selama penyelenggaraan SAC Indonesia 2022-2023. 

Di sektor putra, Mi'rojul Ridwan berhasil unggul di dua musim berturut-turut. Bahkan menjuarai babak National Championship. Yang diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Sedangkan di sektor putri ada Inna Nurul Marifatin, yang juga sempat memecahkan rekor di nomor tersebut. 

Baca Juga: Mi'Rojul Ridwan Tentang Kecerdikan, Menjaga Kesabaran, dan Pesan untuk Ibunda

3. SMA Giovanni Kupang (Bali Nusra Qualifiers)

Meskipun baru mengikuti satu muasim, SAC Indonesia 2023, SMA Giovanni Kupang berhasil membawa pulang enam gelar juara di Bali Nusra Qualifiers. Hebatnya lagi, SMA Giovanni Kupang merebut bebera juara di beragam nomor. Mulai dari kawin gelar relay 4x100m, sprint 100m, tolak peluru, hingga lompat jauh. 

Baca Juga: SMA Giovanni Kupang Punya Pelari yang Patut Diperhitungkan

4. SMAN 4 Kisaran (Sumatera Qualifiers)

SMAN 4 Kisaran menjadi salah satu sekolah yang unggul di Sumatera Qualifiers. Bahkan masuk dalam daftar sebagai sekolah dengan juara terbanyak di SAC Indonesia 2022-2023. Selama dua musim, SMAN 4 Kisaran sukses meraih lima medali. Mulai dari 100m putra, lompat jauh putra hingga relay 4x100m putra. 

Baca Juga: Pertama Kali Ikut Lompat Jauh, Rifqi Amsyah dari SMAN 4 Kisaran Raih Juara!

5. SMAN 1 Ciamis (West Java Qualifiers) 

SMAN 1 Ciamis berhasil membawa pulang 5 medali West Java Qualifiers. Mereka sukses meraih juara hampir di semua nomor selama penyelenggaraan SAC Indonesia 2022-2023. Di antaranya, tolak peluru, lompat jauh, estafet, sprint 100m, hingga relay 4x100m. (*)

  RELATED ARTICLES