Rifqi Amsyah Alkhofidh (tengah) usai berhasil berada di podium pertama Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Rifqi Amsyah Alkhofidh baru pertama kali mengikuti perlombaan atletik. Pun pertama kali mengikuti kompetisi lompat jauh. Namun, siswa SMAN 4 Kisaran tersebut berhasil menyabet podium pertama dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Dengan catatan jarak lompatan 5,94 meter. 

Rifqi mengaku begitu senang dengan perolehan ini. Padahal persiapannya hanya dua bulan saja. Siswa kelas XI itu sebenarnya adalah anak sepakbola. "Nah kemarin Pak Hendri guru PJOK saya itu meminta saya untuk ikut serta. Akhirnya saya ikut. Dan saya bersyukur sekali bisa mengharumkan nama SMAN 4 Kisaran," kata Rifqi. 

Dengan begini, Rifqi akan melaju ke babak Energen Champion SAC National Championship. Ia tentunya mengukir sejarah baru. Sebagai pelajar yang baru pertama kali berkompetisi di SAC Indonesia 2023. "Wah luar biasa rasanya. Saya berharap nanti di tingkat nasional dapat membanggakan Sumatera Qualifiers. Untuk Sekarang SMAN 4 Kisaran dulu," kata Rifqi.

Sementara itu, di posisi kedua ada Muhammad Alif Ramadhan dari SMAN 2 Kisaran. Yang berhasil mencatatkan lompatan sejauh 5,81 meter. Dengan begitu, Alif -begitu ia kerap disapa- juga mengantongi tiket National Championship. 

Ini merupakan kali kedua bagi Alif bersaing di babak Energen Champion SAC Indonesia. Sebelumnya, Alif merupakan runner up dari North Sumatera Qualifiers tahun 2022. Ia kemudian melaju ke babak National Championship bersama dengan Firli Sahputra tahun lalu. 

Sedangkan di posisi ketiga ada Reynaldy Simangusong. Yang merupakan penghuni podium baru tahun ini. Siswa SMAN1 Lubuk Pakam berhasil mencatatkan perolehan sejauh 5,81 meter. Tahun ini, Reynaldy juga akan melaju ke babak Energen Champion SAC National Championship. 

Baca Juga: Firli Sahputra Berharap Juara Lompat Jauh SAC Indonesia 2023 Dipegang Sumut

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers akan berlangsung pada 1-3 September 2023. Kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar dari 350 sekolah. Yang berasal tak hanya dari Sumatra Utara, melainkan ada yang berasal dari Sumatra Barat, Sumatra Selatan dan Lampung. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain Sumatera, SAC Indonesia juga akan digelar di West Java, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra Qualifiers. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Hasil Lompat Jauh Putra SMA: 

1. Rifqi Amsyah Alkhofidh (SMAN 4 Kisaran) - 5,94 meter

2. Muhammad Alif Ramadhan (SMAN 2 Kisaran) - 5,81 meter

3. Reynaldy Simangusong (SMAN 1 Lubuk Pakam) - 5,81 meter

  RELATED ARTICLES