Cermat. Mi’Rojul Ridwan, siswa asal MAN 5 Bojonegoro tersebut berhasil mengunci satu tempat untuk belajar dan berlatih di international training camp.

Ya, Ridwan adalah jawara nasional Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship nomor lomba middle distance 1.000 meter. Ternyata cerita menariknya di sini.

Ketika beradu cepat dan kuat di lintasan lari Stadion Sriwedari, Sabtu, 20 Januari 2024 ia sempat gusar. Bukan, bukan karena deg-degan jelang pertandingan. Melainkan ketika berlari di lintasan pada babak final National Championship.

“Kemarin (Sabtu, 20 Januari) sempat panik. Soalnya kan aku gak ada di barisan depan di awal-awal. Terus aku mbatin ini kok jaraknya makin jauh,” ungkapnya.

Baca juga: 3 Rekor Pecah! Ini Hasil Lengkap National Championship 2023

Yup, ketika para pelari sudah memasuki putaran pertama pun, dirinya masih berjarak cukup jauh dengan pimpinan lomba. Belum lagi cuaca yang lebih terik ketimbang babak penyisihan Jumat, 19 Januari 2024. “Waktu babak final itu lebih panas ketimbang penyisihan. Intinya mental sih. Terus harus pintar-pintar mengatur stamina juga,” terangnya.

Pengalamannya bertarung di National Championship musim lalu juga menjadi modal pelecut semangatnya musim ini.

Betul, musim lalu Ridwan berangkat ke National Championship. Nomor lomba yang sama tapi gagal membawa pulang urutan pertama. “Tahun lalu itu cuman masuk babak final aja. Waktu itu juga gak masuk lima besar,” imbuhnya.

Baca juga: 7 Fakta Menarik National Championship 2023

Pulang dari Solo membawa status sebagai juara nasional SAC Indonesia menjadi oleh-oleh termahal bagi Ridwan. “Selama di Solo ini gak berkabar sama ibu. Soalnya kan ibu gak ada handphone juga,” cetusnya.

Kepada kami, Ridwan ingin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas doa-doa dari sang ibu yang membantunya untuk tetap tenang ketika berada di lintasan. “Bu, terima kasih atas doa-doanya. Terima kasih sudah selalu dukung aku terus. Alhamdulillah anakmu bisa dapat juara satu,” tandasnya.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES