Jajaran Champion SAC, usai bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Jajaran juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship tak sabar melakoni international training camp ke Tiongkok. Yang dijadwalkan akan berlangsung pada April 2023. Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa Champion SAC, usai laga final National Championship, yang diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah, pada Januari lalu. 

Rizki Cahaya Ramadani, juara National Championship 2023 di nomor sprint 100m putri, mengaku begitu bersemangat untuk menjalani international training camp (TC). Apalagi, ini menjadi momen pertamanya untuk ke luar negeri.

Rizki, yang mewakili SMAN 1 Cepu di ajang Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers dan National Championship, menyebut ia ingin belajar banyak hal di Tiongkok. Apalagi, Negeri Panda tersebut merupakan salah satu negara dengan prestasi atletik terbaik di Asia. Bahkan menempati urutan keempat peraih medali Olimpiade terbanyak di dunia. 

"Di sana aku ingin berlatih secara sungguh-sungguh biar teknik dalam berlariku lebih bagus lagi dan bisa mendapatkan pengalaman," katanya. 

Baca Juga: Juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Diberangkatkan ke Tiongkok

Hal serupa juga diungkapkan oleh Arfiansyah Adi Yuiliarta, juara sprint 100m putra di National Championship 2023, itu mengaku tak sabar untuk international training camp ke Tiongkok. "Pengen banget ngerasain tahu gimana rasanya lomba di luar negeri dan bisa nonton perlombaan di luar negeri. Apalagi ini pengalaman pertama ke luar negeri," terang Arfiansyah. 

Arfiansyah bahkan telah menyiapkan beberapa rencana. Di antaranya shopping beberapa peralatan atletik untuk dipakai Kejurnas. "Pengen banget beli sepatu spike di sana, siapa tahu lebih murah, hehehe," kelakar Arfiansyah. 

Sementara itu, Zahrina Amalia, juara tolak peluru putri dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship juga sedang mempersiapkan diri untuk melakukan TC di Tiongkok. Bahkan Zahrina meningkatkan intensitas latihan sebelum berangkat ke Tiongkok. 

Baca Juga: Zahrina Amalia, Ratu Tolak Peluru National Championship 2023

"Harus jaga kondisi biar latihannya bisa maksimal. Dibanyakin latihan teknik, power, dan kecepatan. Kalau Sudah bisa menguasai semua, semoga makin enak dan jago deh selama TC di Tiongkok," terang Zahrina. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES