Ada-ada saja kelakuan tetangga Dzaky Maulana. Siswa SMAN 1 Blitar itu dikira akan menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Tiongkok, usai mendengar Dzaky menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship dan mendapat reward TC ke Negeri Panda tersebut. 

"Aku kaget, tahu dari mana gitu. Kan yang tahu kalau aku bakal berangkat ke Tiongkok mungkin cuman keluarga dekat ya. Tapi waktu pemilu kemarin, ketemu banyak tetangga, tiba-tiba tetangga pada tanya, dikiranya mau kerja di Tiongkok," terang Dzaky. 

Akhirnya, hari libur pemilu tersebut Dzaky disibukkan dengan klarifikasi kepada para tetangganya. "Ya akhirnya saya bilang, InsyaAllah akhir April. Itu ke Tiongkok dapat reward dari kejuaraan atletik, di sana mau latihan, belajar atletik di sana, mungkin semingguan saja," kata Dzaky mencoba menirukan jawabannya. 

Ini menjadi momen pertama bagi Dzaky untuk melakukan TC di luar negeri. Tentunya keluarga Dzaky bangga sang anak bisa mencapai salah satu cita-citanya.  

Baca Juga: Dzaky Maulana dari SMAN 1 Blitar Kampiun Lompat Jauh National Championship

"Ini juga pertama kalinya aku pergi ke luar negeri. Menurutku reward TC ke luar negeri itu bisa banget dijadiin motivasi teman-teman buat ikut kejuaraan atletik," terang Dzaky. 

Sejatinya, Dzaky sendiri ikut Energen Champion SAC Indonesia karena ada hadiah untuk TC ke luar negeri. Bahkan, jika ia tak semangat latihan, Dzaky sampai memantau Instagram @sacindonesiaofficial untuk mendapat motivasi. "Aku tontonin sorotan ignya SAC," kata Dzaky.

Dzaky merupakan juara lompat jauh putra dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Ia kemudian memperkuat namanya dengan meraih podium pertama dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Catatan lompatan terbaiknya saat ini adalah 6,33m. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES