Aksi Zahrina Amalia di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Zahrina Amalia resmi meraih gelar sebagai Ratu Tolak Peluru Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Pelajar asal MAN 2 Banjarnegara itu sukses menghuni podium pertama tolak peluru putri, dengan catatan lemparan 10,06 meter. Ini merupakan kali kedua bagi Zahrina menjuarai National Championship. 

Pada musim sebelumnya, Zahrina juga melenggang ke babak final National Championship 2022 dan meraih podium ketiga untuk tolak peluru putri. Naik levelnya ini begitu membanggakan bagi Zahrina, meskipun catatan tolakannya turun dari penyelenggaraan season sebelumnya. "Turun dari yang tahun kemarin sama PB sendiri, tapi Alhamdulillah tetap senang bisa di posisi pertama," katanya. 

Zahrina mengaku sempat nervous saat babak final digelar. Pasalnya, banyak pendatang baru yang tak kalah berbakat dengan catatan tolakkan yang mengagumkan. "Rasanya nano-nano. Senang campur sedih. Karena ini tahun terakhir aku di SAC. Deg-degannya juga luar biasa," kata Zahrina. 

Baca Juga: Pertamina Ingin Berkontribusi Lahirkan Bibit Atletik Lewat SAC Indonesia

Indi Oktavia berhasil menempati posisi kedua dengan catatan lemparan sejauh 9,72 meter. Siswi SMAN 3 Ponorogo tampil begitu percaya diri. Apalagi, setelah dirinya dinyatakan masuk ke babak final. 

Sementara itu, Saniy Rahma Nabilah dari SMAN 12 Semarang berada di belakang Indi. Sama seperti Zahrina, ini merupakan tahun kedua bagi Saniy berlaga di National Championship. Jika musim lalu dirinya meraih posisi kedua, berbeda dengan musim ini. Saniy meraih podium ketiga dengan catatan lemparan 9,65 meter. 

"Alhamdulillah tetap bersyukur. Aku masih ada kesempatan lagi tahun depan. Dan pastinya akan ikut lagi. Jadi kita akan ketemu tahun depan," tutur Saniy. 

Hasil Final Tolak Peluru Putri: 

1. Zahrina Amalia (MAN 2 Banjarnegara) - 10,06 meter

2. Indi Oktavia (SMAN 2 Ponorogo) - 9,72 meter

3. Saniy Rahma Nabilah (SMAN 12 Semarang) - 9,65 meter

Baca Juga: Kemenpora: Semangat SAC Indonesia Sejalan dengan Tujuan DBON 2021-2045

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES