Perlombaan lari dalam SAC Indonesia

Association of International Marathon and Distance Races, juga dikenal sebagai AIMS, adalah asosiasi penyelenggara lomba lari jalan raya jarak jauh, termasuk maraton. Organisasi tersebut didirikan dan mengadakan kongres pertamanya di London, pada 1982. Momen tersebut bertepatan dengan pertemuan para jajaran direktur perlombaan maraton dunia. 

AIMS awalnya didirikan dengan ide untuk menyediakan forum pertukaran ide yang akan membantu meningkatkan kejuaraan lomba dari setiap direktur yang hadir. Namun, setelah diputuskan adanya pengadaan anggaran rutin, diperlukan lebih dari sekedar pertukaran ide dan menetapkan beberapa aturan dasar untuk mengatur asosiasi dan keanggotaan. 

Tujuan dari AIMS di antaranya, mendorong dan mempromosikan lari jarak jauh di seluruh dunia, berkolaborasi dengan World Athletics Championships dalam segala hal yang berkaitan dengan perlombaan jalan raya internasional, dan untuk bertukar informasi, pengetahuan dan keahlian di antara para anggota AIMS.

Baca Juga: Mengenal Enam Event Lari Marathon dalam World Marathon Majors

Lebih dari 40 tahun dibentuk, AIMS telah mencapai kemajuan yang luar biasa. Saat mengadakan kongres dunia 1989 di Melbourne, Australia, keanggotaan AIMS diperluas. Dari yang hanya sekadar pengadaan event maraton ke semua jenis perlombaan lari jalan raya. 

Keanggotaan AIMS diperluas lebih lanjut pada kongres AIMS dunia 2007 yang diadakan di Xiamen, Tiongkok. Hasil pertemuan di kongres tersebut secara khusus membentuk aturan dan penyelenggaraan semua balapan yang diadakan di jalan raya. 

Melalui kemitraan dengan lembaga pemerintah nasional Yunani, AIMS membuka kantor pusat permanen pada 2011, di dalam Kompleks Olimpiade di Athena. Sejak saat ini, OPAP-VisitGreece telah menjadi atap bagi AIMS. 

Baca Juga: Lari Maraton: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Manfaat

AIMS saat ini disebut sebagai federasi lari jarak jauh terbesar di seluruh dunia. Dari keanggotaan awal sebanyak 28 orang pada 1982, organisasi ini telah berkembang menjadi 469 anggota, yang tersebar di 122 negara dan wilayah, termasuk sebagian besar maraton utama dunia dan banyak perlombaan jalan raya besar lainnya.

 AIMS telah menetapkan standar yang tegas dalam pengukuran rute selama penyelenggaraan lari maraon. World Athletics juga telah mengakui dan mengadopsi sistem AIMS sebagai standarnya. Semua anggota AIMS diharuskan untuk mengukur kursus mereka.

AIMS dan World Athletics mengakui rekor jalan raya dunia, dan bersama-sama mengembangkan kriteria yang dapat diterima untuk pengakuannya. AIMS mengakui dan berterima kasih kepada seluruh organisasi, lembaga dan sponsor yang mendukung dan bekerja sama dengan Asosiasi dalam upayanya mengembangkan olahraga lari jalan raya. (*) 

  RELATED ARTICLES