Aksi Bruce Jenner di Olimpiade (U.S Olympics and Paralympic Museum)

Atletik menjadi salah satu olahraga yang paling banyak disaksikan di dunia. Khususnya dalam perlombaan Olimpiade atau kompetisi internasional. Mengingat popularitas atletik yang begitu besar, beberapa atlet atletik di dunia juga memiliki penghasilan yang begitu besar. Beberapa bahkan dijuluki sebagai atlet atletik terkaya di dunia. Siapa saja mereka? 

Baca Juga: 10 Atlet Atletik dengan Followers Instagram Terbanyak di Dunia

1. Usain Bolt

Usain Bolt saat ini merupakan atlet atletik terkaya di dunia. Penghasilannya pertahun mencapai Rp 1,4 triliun. Usain Bolt saat ini memegang rekor dunia untuk sprint 100m putra dan 200m putra. Tak mengherankan jika Bolts saat ini menjadi beberapa brand ambassador merek baju dan sepatu dunia. 

Baca Juga: Usain Bolt Ternyata Juga Pernah Kalah

2. Bruce Jenner

Bruce Jenner menjadi salah satu atlet atletik paling fenomenal dalam sejarah Amerika Serikat. Bruce saat ini memiliki penghasilan mencapai 390 miliar. Bruce menikah dengan Kris Jenner dan memiliki anak, Kendall Jenner dan Kylie Jenner.

Bruce dikenal karena memenangkan medali emas di nomor decathlon pada 1975 di Mexico City dalam acara Pan American Games dan 1976 di Montreal Olympic Games. Karena kesuksesan kariernya di Olimpiade, Bruce melanjutkan kariernya sebagai aktor dan model. Ia juga bermain dalam film Keeping Up with the Kardashians. 

3. Carl Lewis

Carl Lewis memiliki penghasilan mencapai 124 miliar. Lewis adalah pensiunan atlet atletik dunia, yang telah berkompetisi pada 1980-an dan 1990-an. Saat aktif dalam kariernya, Lewis pernah memenangkan sembila medali emas pada kejuaraan Olimpiade dan memenangkan sepuluh medali emas di World Championships.

Baca Juga: 5 Sprinter Tercepat dalam Sejarah Dunia

4. Asafa Powell

Asafa Powell berhasil menjadi salah satu atlet atletik terkaya di dunia dengan penghasilan mencapai 101,4 miliar. Penghasilan tersebut ia dapat seiring ketenarannya sebagai sprinter. Powell sempat memegang rekor dunia untuk sprint 100m mulai 2005 hingga 2008. Powell juga menjadi beberapa wajah dar brand olahraga paling terkenal di dunia. 

5. Tyson Gay

Tyson Gay menjadi atlet atletik paling kaya urutan kelima dalam daftar ini. Penghasilan Tyson mencapai 93 miliar. Lahir dari keluarga sprinter, Tyson memang telah terbiasa dengan kehidupan olahraga dan sorotan sejak kecil. Tyson telah membantu beberapa lembaga tempatnya menimba ilmu untuk meraih juara. Tyson bahkan telah membantu Universitas Arkansas memenangkan NCAA untuk gelar 100m. 

6. Yohan Blake

Yohan Blake saat ini termasuk dalam atlet atletik terkaya di dunia. Penghasilannya mencapai 73 miliar. Blake sampai saat ini meraih gelar sebagai atlet Termuda yang memenangkan World Championships di 2011 dan menjadi bagian dari tim Jamaika di Olimpiade 2012. Selama berlaga di Olimpiade, Blake berhasil memenangkan medali perak, 100m, 200m, dan medali emas di relay 4x100m. 

Baca Juga: Eliud Kipchoge dan Sir Mo Farah Ucapkan Bela Sungkawa untuk Kelvin Kiptum

7. Mohamed Farah

Mohamed Farah atau dikenal sebagai Sir Mo Farah menjadi salah satu atlet atletik terkaya di dunia. Penghasilannya mencapai 70 miliar. Ia adalah peraih medali emas empat kali untuk Olimpiade dalam lari jarak jauh 5.000m dan 10.000m. (*)

  RELATED ARTICLES