Sosok Frank Wykoff saat bersaing estafet di Olimpiade

Ada dua perlombaan estafet utama di Olimpiade dan kejuaraan atletik dunia: relay 4x100m dan relay 4x400m. Kedua nomor perlombaan ini telah dikompetisikan selama puluhan tahun. Sebanyak lebih dari 80 negara di dunia berpartisipasi di berbagai level kejuaraan estafet. 

Meskipun relay 4x100m putra, digelar secara tim. Tetap ada penobatan atlet terbaik di setiap penyelenggaraan estafet. Berikut adalah beberapa atlet estafet terbaik di dunia: 

1. Frank Wykoff

Frank Wykoff adalah pelari estafet paling fenomenal yang pernah ada. Meskipun kini telah pensiun, aksi Frank di lintasan atletik tetap dikenang sebagai yang terbaik. 

Memperkuat tim estafet 4x100m putra Amerika Serikat di berbagai Kejuaraan, Wykoff telah meraih tiga medali emas dari semua kejuaraan estafet yang pernah ia ikuti. Ia memulai kariernya sebagai pelari pada 1928 dan memenangkan medali emas pertama di Amsterdam. 

Wykoff pernah menjadi pelari terakhir (anchor) dan menjadikan tim AS sebagai pemegang rekor dunia dalam kejuaraan 1932 dan 1936. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Perlombaan dalam Lari Estafet

2. Usain Bolt

Usain Bolt tak hanya dikenal sebagai sprinter terbaik dalam sejarah perlombaan 100m putra di dunia. Usain Bolt juga dikenal sebagai salah satu pelari estafet paling fenomenal yang pernah ada. Dirinya pernah memegang posisi pelari terakhir di tim estafet relay 4x100m dalam Olimpiade. Memenangkan medali emas pada 2012 dan 2016. 

Medali emas pertamanya dalam memenangkan relay 4x100m putra di Olimpiade London 2012, masih menjadi rekor nomor tersebut hingga hari ini. Saat itu, Bolt dan rekan senegaranya berhasil mencatatkan waktu 36,84 detik. 

Bolt juga memenangkan empat medali emas dan perak dengan relay 4x100m di World Championships, Diamond League dan Golden League. 

Baca Juga: Usain Bolt Ternyata Juga Pernah Kalah

3. LaShawn Merritt

LaShawn Merritt bukan hanya dikenal sebagai sprinter 400m putra terbaik di dunia. Melainkan namanya juga menjadi yang terbaik di estafet putra. Bersaing untuk nomor 4x400m putra bersama tim di AS, Merritt mengukir catatan waktu terbaiknya dalam sejarah dunia. Ia memenangkan medali emas di Olimpiade dan memperkuat AS menetapkan rekor dunia dengan waktu 2 menit 55,39 detik. 

Merritt berkompetisi di Olimpiade 2016. Saat itu, ia juga meraih medali 4x400m. Di kompetisi internasional lainnya, Merritt menjadi andalan AS hingga meraih enam medali emas. Beberapa berasal dari World Championships dan World Indoor Championships. 

Baca Juga: Mengenal Lari Estafet: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar dan Peraturan

4. Jeremy Wariner 

Jeremy Wariner merupakan pemain kunci penting dalam relay 4x400m. Ia bersama tim AS mendominasi kompetisi global. Ia turun dalam kompetisi Olimpiade 2004 untuk pertama kalinya. Saat itu, ia memenangkan medali emas untuk 400m dan medali emas relay 4x400m. 

Pada 2008, Wariner bersama LaShawn Merritt berhasil menjadi bagian sejarah dengan mencetak rekor dunia di 4x400m. Wariner juga mengantongi tiga medali emas di relay 4x400m dari World Athletics Championships dan National Championship. 

5. Steve Lewis

Steve Lewis adalah salah satu dari jajaran pelari estafet paling dikenang di sejarah dunia. Khususnya di era 1980-an dan 1990-an. Ia memulai kariernya di UCLA dan NCAA Championships di 1988. Di tahun yang sama, Lewis mengikuti Olimpiade Seoul dan memenangkan medali emas dengan 4x400m. 

Lewis saat ini memegang rekor dunia di nomor 4x400m dengan catatan waktu terbaiknya saat ini adalah 2 menit 55,47 detik. 

6. Chris Brown

Chris Brown memiliki banyak pencapaian baru di Olimpiade. Chris memenangkan tiga medali Olimpiade di tim estafet 4x400m Bahama. Ia berkompetisi ketat dengan Wykoff sebagai pelari dengan medali estafet terbanyak di Olimpiade. Dia juga menjadi pelari estafet paling sukses untuk Bahama di berbagai kompetisi internasional. 

Saat ini, Chris Brown meraih medali emas, dua medali perak dan perunggu di World Championships dan World Indoor Championships. (*)

  RELATED ARTICLES