Skuad MAN 2 Gresik, M. Rizki Edi Saputra dan Dimas Tri Agung berhasil, dalam final National Championship 2022, di Stadion Madya, GBK Jakarta

SAC Indonesia telah berjalan dua musim. Selama penyelenggaraan tersebut, terdapat berbagai momen epik. Mulai dari pecah rekor, selebrasi training camp ke luar negeri, hingga aksi mengharukan para student athlete saat meraih juara. Namun, ada satu momen yang mudah untuk terlewatkan. Yakni momen pertukaran tongkat estafet, yang juga tak kalah seru lho. 

Pertukaran tongkat estafet, khususnya untuk nomor 4x100m putra dan putri, menjadi momen paling menegangkan selama perlomaan ini. Pasalnya, tongkat yang jatuh akan menghambat tim tersebut untuk melesat ke garis finis. 

Berikut SAC Indonesia rangkum pertongkaran tongkat paling epik di SAC Indonesia 2022-2023: 

1. MAN 2 Gresik di Final National Championship 2022

National Championship dari SAC Indonesia memang menjadi tempat unjuk gigi tersendiri dari para student athlete. Setiap teknik dan latihan yang mereka lakoni dipamerkan di babak puncak dari kompetisi SAC Indonesia tersebut. Salah satunya ditunjukkan oleh MAN 2 Gresik saat melakoni final National Championship 2022. 

Tim MAN 2 Gresik berhasil melewati tiga pertungkaran tongkat di final National Championship. Mereka bahkan memimpin perlombaan di babak final. 

Pertungkaran tongkat di lap terakhir antara M. Rizki Edi Saputra dan Dimas Tri Agung berhasil mencuri perhatian. Pertungkaran tongkat antara keduanya terlihat begitu mulus. 

2. SMAN 1 Glagah Banyuwangi di Final National Championship 2022

SMAN 1 Glagah Banyuwangi merupakan salah satu nama mentereng di SAC Indonesia. Ia rival paling menjanjikan bagi MAN 2 Gresik di ajang East Java Qualifiers 2022 dan National Championship 2022. 

Pertukaran tongkat antara Mohammad Farhan Firdaus dan Ahmad Rusyid Arsyaqul Wafiy menjadi sorotan. Pasalnya, pertukaran tongkat tersebut hampir tidak terlihat menggunakan teknik up sweep. 

3. SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang di Final National Championship 2023

Pertukaran tongkat antara roster SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang menjadi salah satu yang berhasil mencuri perhatian selama penyelenggaraan SAC Indonesia 2023. Pasalnya, sekolah tersebut dipuja karena kecepatan lari dan pertukaran tongkatnya. 

Dalam babak final National Championship 2023, skuad SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang bersaing ketat dengan SMAN 4 Malang untuk meraih gelar juara. Di babak tersebut, momen pertukaran tongkat antar kedua tim menjadi salah satu yang paling menegangkan. 

4. SMAN 1 Bandar Lampung di Final National Championship 2023

SMAN 1 Bandar Lampung menjadi salah satu tim estafet yang punya potensi besar menjadi juara SAC Indonesia 2023 untuk nomor relay 4x100m putra. Pasalnya, mereka dikenal karena kecepatan berlarinya dan teknik pertukaran tongkat yang epik. 

SMAN 1 Bandar Lampung merupakan juara Sumatera Qualifiers 2023. Dan telah mengisi podium kedua di National Championship 2023. 

SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES