Perlombaan relay 4x100m putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship, di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, pada 20 Januari 2024

Latihan dasar dalam olahraga atletik beragam bentuk dan tujuannya. Mulai dari untuk penguatan kaki atau tangan, mengembangkan ketahanan fisik, hingga membuat tubuh lebih beradaptasi terhadap gerakan berat.

Kali ini SAC Indonesia akan merangkum beberapa tiga latihan dasar di atletik yang dapat meningkatkan kemampuan berolahragamu versi peserta SAC Indonesia. Yuk, simak!

1. ABC Running Drills

Seperti namanya "ABC Running Drills", latihan lari ini terdiri dari teknik dasar latihan penting yang harus diketahui setiap pelari. Latihan-latihan ini meliputi gerakan kaki, angkat lutut, tumit, lari lompat, dan lari mundur. Jika kamu melatihnya secara teratur dan sungguh-sungguh, latihan lari ABC dapat membantu mengembangkan teknik lari dan meningkatkan gaya lari. 

2. Baton Passing

Istilah baton passing mungkin tak banyak kalian dengar. Namun, teknik ini digunakan dalam olahraga beregu, relay 4x100m. Sesuai dengan namanya, baton passing adalah teknik memindahkan tongkat yang digunakan dalam olahraga relay. Nah, latihan baton passing dan check mark biasanya berfungsi untuk meningkatkan chemistry dan mengurangi kesalahan saat pemindahan tongkat dilakukan. 

3. Start Block Trial

Bagi seorang student athlete, khususnya yang mendalami olahraga sprint, penting untuk berlatih menggunakan start block. Sebuah alat bantu untuk pelari jarak pendek agar kaki tidak tergelincir saat keluar start. Mengingat lari jarak pendek membutuhkan kecepatan maksimum di waktu yang sangat singkat. 

Nah, itu tadi beberapa latihan dasar yang biasanya dilakukan dengan peserta SAC Indonesia. Video-video di atas diambil saat peserta SAC Indonesia melakukan uji coba lapangan sebelum babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia digelar. 

SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES