Sindu Krisna Mukti saat melakukan victory ceremony di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Pemegang gelar 2nd place middle distance 1.000m putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship, Sindu Krisna Mukti, segera mengucapkan selamat tinggal pada SAC Indonesia. Pasalnya, season 2023 akan menjadi keikutsertaan Sindu mewakili SMK PGRI Cepu di kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut. 

Meskipun ini merupakan tahun terakhir, Sindu tetap menampilkan yang terbaik. Terbukti, ia menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Sindu bahkan meraih podium di National Championship 2023 dengan perolehan waktu 2 menit 40,76 detik. 

"Perlombaan SAC kemarin benar-benar luar biasa, dan menurut saya ini event pelajar nasional yang sangat epik, mulai dari fasilitasnya trus panitia, LO dan yang lain beneran top banget," kata Sindu, saat dihubungi oleh tim SAC Indonesia 2023. 

Sindu mengaku perlombaan terakhirnya di SAC Indonesia ini cukup ketat. Namun, dirinya merasakan bahwa persaingan di nomor middle distance 1.000m putra jauh lebih kompetitif di National Championship 2022.  "Dari qualifiers Bali Nusra sangat mendominasi banget dan saya waktu itu ada di peringkat 10," terang Sindu. 

Meskipun begitu, Sindu mengatakan bahwa perlombaan SAC 2023 lebih Meriah dibandingkan musim sebelumnya. Apalagi, ada reward international training camp ke Tiongkok. "Karena tahun depan nggak bisa ikut, kemarin nyesek banget finis kedua. Tapi setelah lulus ini saya pasti bakal masih mendalami olahraga atletik, ini kompetisi pelajar terakhir," kata Sindu. 

Sebagai jebolan dari SAC Indonesia, Sindu berharap SAC Indonesia terus digelar setiap tahunnya. Khususnya untuk mencari bibit atletik. "Semoga SAC Indonesia terus mencari bakat-bakat muda," kata Sindu. 

Baca Juga: Vira Chazinatuss'ab Pecah Rekor Dua Kali Selama SAC Indonesia 2023

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship tuntas digelar. Itu merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan international training camp ke Tiongkok.  

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES