Aksi Arfiansyah di babak final sprint 100m putra (tengah) Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Mama Arfiansyah, Sarmi, ikut berangkat ke Solo, Jawa Tengah. Ia berniat menonton anaknya bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Kebetulan, kampung halaman siswa SMA Hang Tuah 1 Surabaya -panggilannya- juga di Karanganyar. Namun, saat hari perlombaan tiba, Sarmi justru absen di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. 

"Mama ikut ke Solo. Karena rumah mbah kan di Karanganyar. Tapi mama gak ikut ke stadion. Takut kalau ditonton mama, Arfi malah kalah," kata Arfi. 

Ketakutan tersebut muncul karena riwayat perlombaan masa lalu. Arfiansyah selalu kalah saat ditonton sang mama bertanding futsal. Sehingga, saat Sarmi mendengar Arfi berlaga di National Championship, Sarmi menahan diri untuk menonton. 

"Sebenarnya saya bilang ke mama, 'sembarang mau nonton apa enggak,' terus mama malah bilang 'wis nggak usah engkok kon kalah maneh'," cerita Arfi. 

Namun, setelah Arfi diumumkan menjadi juara sprint 100m putra di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship, Sarmi datang ke stadion untuk menyemangati anaknya. "Sempat ketemu di lapangan, dan foto-foto bareng juga, alhamdulillah," tutur Arfi. 

Baca Juga: Arfiansyah Amankan Gelar Juara Sprint 100m Putra National Championship

Arfiansyah merupakan Champion SAC untuk nomor sprint 100m putra. Ia juga pemegang rekor SAC untuk sprint 100m putra dengan catatan waktu 10,86 detik. Ia meraih juara di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers dan menjadi Champion SAC untuk Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers.

  RELATED ARTICLES