Suasana perlombaan Pertamina Junior Challenge di hari pertama National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship memasuki hari pertama, Kamis, 18 Januari 2024. Beragam supporting event dan momen mewarnai keseruan National Championship. Stadion Sriwedari, Solo, riuh dengan talenta-talenta muda yang siap unjuk bakat. Penasaran dengan beragam keseruan Day I National Championship? Berikut daftarnya: 

Salah satu rangkaian dari National Championship adalah Pertamina Junior Challenge. Kompetisi atletik se-Solo Raya itu membuka rangkaian National Championship di hari pertama. Pelajar tingkat SD dan SMP, sejumlah 1.790 dari 136 sekolah bersaing untuk memperebutkan gelar juara. 

Baca: 1.790 Pelajar Ikuti Kompetisi Atletik Pertamina Junior Challenge di Solo

SDN Kleco (sektor putra) dan MIN 3 Sukoharjo (sektor putri) berhasil menjuarai nomor Formula One. Masing-masing dengan perolehan waktu 1 menit 21,09 detik dan 1 menit 26,62 detik. Namun, bukan nomor Formula One saja yang diperlombakan. Melainkan juga middle distance dan relays. 

Baca: Selamat! Berikut Daftar Juara Formula One Pertamina Junior Challenge

Khalila Asma Nadia dari SMPN 3 Surakarta menjadi yang tercepat di perlombaan 800m putri dengan catatan waktu 3 menit 20,05 detik. Khalila memimpin dua lap berturut-turut. Dan finis sempurna. 

Baca: Siswi SMPN 3 Surakarta Memimpin Penyisihan 800 Meter Pertamina Junior Challenge

Sementara itu, di sektor putra ada Pascalis Arya Wisesa dari SMPN 3 Surakarta dengan perolehan waktu 2 menit 15,46 detik. Masih harus dilihat apakah Pascalis akan kembali memimpin perlombaan middle distance di Pertamina Junior Challenge. 

Baca: Cek, Ini 12 Nama Finalis Middle Distance 800m Putra Pertamina Junior Challenge

Perlombaan relays 8x50m putra sukses membuat penonton riuh. Dalam babak penyisihan tersebut SD Cemara Dua berhasil memimpin dengan catatan waktu  1 menit 04,12 detik. Layak dinantikan apakah SD Cemara Dua masih memimpin estafet 8x50m putra. 

Baca: Ini Daftar 6 Tim yang Lolos Babak Final Estafet 8x50 Meter Kategori SD

Di level yang lebih tinggi, relays 5x80m putra, skuad SMPN 4 Surakarta memimpin dengan catatan 52,88 detik. Disusul dengan SMPN 12 Surakarta di posisi kedua, dan SMPN 25 Surakarta di posisi ketiga. Layak dinantikan apakah tiga klasemen teratas ini akan berubah di babak final, yang akan diselenggarakan Sabtu, 20 Januari 2024. 

Baca: Ini 6 Tim Estafet SMP yang Berhasil Lolos Babak Final Pertamina Junior Challenge

Sprint 80m juga nggak kalah seru untuk disaksikan. Ratusan peserta sektor putra dan putri bersaing untuk memperebutkan gelar juara. Kini, ada dua finalis teratas yang masih meimpin. Yakni SMPN 12 Surakarta atas nama Fico Fernanda dengan catatan waktu 10,06 detik. Dan ada Vionley Arya dengan catatan 12,66 detik. 

Baca: Simak, Ini Delapan Finalis Sprint 80m Putra dan Putri Pertamina Junior Challenge

Sesi kedua dari Day I Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship diisi dengan coaching clinic dan uji coba lapangan bagi para juara regional qualifiers. Mulai dari Sumatera dan Central Java yang begitu senang dengan percobaan lapangan. 

Baca Juga: Tiba di Solo, Peserta NatChamp Lakoni Coaching Clinic Bareng Suryo Agung

Disusul dengan kontingen Bali Nusra Qualifiers yang mendapatkan banyak inspirasi dari Suryo Agung Wibowo, sementara West Java dan Jakarta Banten menyebut bahwa Solo memiliki banyak perbedaan dengan kota asal peserta. 

Keseruan National Championship akan berlangsung besok, Jumat, 19 Januari 2024. Babak penyisihan National Championship akan dimulai, dan beberapa nomor perlombaan Pertamina Junior Challenge juga akan tuntas. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES