SMAN 1 Bandar Lampung usai uji coba lapangan di Day I Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Sumatera Qualifiers dan Central Java Qualifiers menjadi dua kontingen awal yang tiba di Solo, Jawa Tengah, pada Kamis, 18 Januari 2024. Menggunakan transportasi bus, mereka tiba di Stadion Sriwedari pada pukul 15.00 WIB. Setibanya di Solo, para peserta Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship ini melakoni uji coba lapangan. 

Tujuan uji coba ini adalah agar peserta National Championship merasakan lapangan yang akan mereka gunakan untuk bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Khususnya bagi mereka yang baru pertama kali berlomba di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. 

Skuad SMAN 1 Bandar Lampung (Sumatera Qualifiers), yang terdiri dari M. Zawil Arri Komara, Fadhillah Dwihans Fariza, M. Hammam Gantari dan Arjuna Wira Akbar, memanfaatkan kesempatan ini untuk berlatih secara tim. Mulai dari perpindahan tongkat hingga teknik lari di lapangan. "Baru sampai di sana dan melihat ini semua rasanya wow sekali," kata M. Zawil Arri Komara. 

Baca Juga: 4 Event yang Bakal Jadi Rangkaian National Championship

Berbeda dengan kontingen Sumatera Qualifiers yang mayoritas berasal dari Medan, Sumatra Utara. Skuad SMAN 1 Bandar Lampung bertolak ke Solo langsung dari kota asal mereka. Sehingga mereka sampai lebih dulu dibandingkan kontingen Sumatera Qualifiers yang lainnya. "Seru banget perjalanan tadi. Dan ada salah satu dari kita hampir ketinggalan pesawat. Tapi seru sih bisa di sini," kata M. Zawil Arri Komara. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. Pemegang rekor relays 4x100m putra tersebut mengaku senang dengan adanya coaching clinic dan uji coba lapangan yang diadakan oleh Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Pasalnya, ini merupakan kali kedua bagi SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang bersaing di National Championship. 

"Senang sekali bisa bersaing di National Championship. Ini tentunya bisa menjadi pengalaman baru bagi kami. Keseruannya masih ada. Cuma sayangnya, tahun ini nggak keluar kota. Tapi nggak apa-apa," tutur Raka Adi, salah satu skuad SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. 

Baca Juga: 1.790 Pelajar Ikuti Kompetisi Atletik Pertamina Junior Challenge di Solo

SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang merupakan pemegang rekor relays 4x100m putra SAC Indonesia 2023. Nantinya, sekolah tersebut akan bersaing dengan 18 tim regional qualifiers yang lainnya. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES