Situasi technical meeting Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship lewat online

Technical Meeting (TM) Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Champipnship sukses diselenggarakan pada Minggu, 14 Januari 2023. Ini menjadi salah satu pra event dari babak puncak National Championship. Yang diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, pada 18-20 Januari 2024 mendatang. Total 288 juara regional qualifiers ikut serta dalam TM kali ini. 

TM dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship membahas tentang regulasi teknis perlombaan, apparel, ketentuan umum hingga itinerary keberangkatan student athlete dari masing-masing regional qualifiers. TM kali ini dipandu oleh Drs. Joko Harwanto, yang nantinya akan bertugas sebagai technical delegate. 

Berikut adalah enam poin penting dalam technical meeting Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship: 

1. Peserta Wajib Memakai Apparel yang Disediakan

Peserta dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship wajib menggunakan apparel yang telah digunakan oleh panitia SAC Indonesia. Apparel memiliki warna berbeda dari masing-masing regional qualifiers. Keseragaman apparel ini menunjukkan identitas dari masing-masing kontingen regional qualifiers. 

2. Peserta Wajib Menggunakan Nomor BIB

Peserta dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship juga wajib menggunakan nomor BIB yang telah disediakan oleh panitia SAC Indonesia. Setiap peserta akan mendapatkan dua nomor BIB. Di bagian depan dan di bagian belakang apparel yang digunakan. Sementara itu, peserta hanya mendapatkan nomor BIB satu kali, saat melakukan registrasi. Sehingga, peserta dihimbau untuk tidak menghilangkan nomor BIB.

3. Protes Terhadap Hasil dan Keputusan Perlombaan Memiliki periode Waktu

Protes terhadap hasil dan keputusan perlombaan dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship memiliki periode waktu. Peserta dapat melakukan protes 30 menit setelah hasil perlomabaan diumumkan melalui announcer yang bertugas di lapangan. 

4. Jangan Sampai Terlambat!

Peserta Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship diharapkan memahami rundown yang telah diberikan oleh panitia. Keterlambatan kehadiran saat pemanggilan peserta dapat menyebabkan peserta diberikan sanksi oleh panitia Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. 

5. Regulasi Foul Start

Regulasi mengenai foul start akan memiliki acuan World Athletics Rules dan telah disesuaikan. Peserta Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship yang melakukan foul start akan langsung didiskualifikasi. 

6. Pembagian Babak Penyisihan dan Final Nomor Lintasan

 

Sprint

Babak penyisihan untuk sprint 100m putra dan putri terdiri dari tiga seri. Sebanyak 8 orang yang memenuhi kriteria sebagai finalis akan maju ke babak final. Jumlah tersebut terdiri dari kedatangan pertama dan kedua dari masing-masing seri, beserta 2 catatan waktu terbaik. Untuk babak final, 3 peserta teratas dapat menempati podium pertama, kedua dan ketiga. 

Relays 4x100m 

Babak penyisihan dari relays 4x100m putra dan putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship akan terdiri dari tiga seri. Nantinya, sebanyak 6 tim yang memenuhi kriteria finalis akan maju ke babak final. Jumlah tersebut berasal dari kedatang pertama dari masing-masing seri dan 3 catatan waktu terbaik. 

Middle Distance

Babak penyisihan dari middle distance 1.000m putra dan putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship akan terdiri dari dua seri. Yang melaju ke babak final adalah 10 finalis dari jumlah keseluruhan. Total 10 finalis akan diambil berdasarkan 3 kedatangan pertama di masing-masing seri dan 4 catatan waktu terbaik.

7. Pembagian Babak Penyisihan dan Final Nomor Lapangan

Nomor lapangan, lompat jauh dan tolak peluru, akan dibagi dalam dua babak. Yakni penyisihan dan final. 

Setiap peserta akan diberikan tiga kali kesempatan lompatan dan tolakan di babak penyisihan. Total 8 peserta yang memiliki lompatan atau tolakan terbaik di babak penyisihan berhak maju ke final. 

Untuk nomor lapangan, di babak final, peserta juga akan di berikan tiga kali kesempatan lompatan atau tolakan. Dengan urutan di mulai dari peserta peringkat ke-8 (terbesar) sampai ke-1 (terkecil). Hasil penentuan  juara pertama, kedua dan ketiga akan diperingkat mulai dari lompatan atau tolakan terjauh dari keseluruhan babak (penyisihan dan final). 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES