Putra Hermanus Lapuangga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra

Kemenangan tak selalu berawal dari ambisi berkompetisi. Bagi Putra Hermanus Lapuangga, kemenangan datang dari kebosanan. Third place nomor lompat jauh Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra ini menceritakan kisah unik alasannya mengikuti SAC Indonesia.

Putra menempati posisi ketiga podium lompat jauh Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra dengan catatan jarak 4,69 meter. Berkat raihan ini, ia akan kembali berkompetisi di National Championship. Seluruh capaian membanggakan ini berawal karena kebosanan Putra saat di kelas.

“Saya ikut SAC Indonesia karena info dari teman. Katanya ada lomba yang kalau menang, bakal ke luar kota jadi saya tertarik. Lalu guru olahraga kami datang ke kelas, bertanya siapa yang mau ikut. Saya daftar karena saat itu saya juga lagi bosan di kelas. Gabut,” ungkap Putra saat diwawancara oleh tim SAC Indonesia.

Meski awalnya mendaftar karena bosan, Putra kini lebih serius mempersiapkan diri karena akan bersaing di National Championship. Kini ia berlatih lima kali dalam satu minggu. Minimal satu jam setiap latihan.

“Fokus pada kekuatan fisik dan stamina. Latihan sprint. Baru deh masuk ke penguasaan teknik untuk memaksimalkan lompatan,” kata Putra. Untuk National Championship nanti, ia menargetkan untuk setidaknya mencapai jarak lompatan 5,5 meter.

Baca Juga: 48 Delegasi Bali Nusra Qualifiers Siap Bersaing di National Championship!

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya Paul akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES