Aksi Taffarel Juan Chrissanto dari SMAN 2 Kota Tangsel di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah menyelesaikan babak regional qualifiers. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Dalam musim baru ini, tak sedikit sekolah yang mengeluarkan banyak perwakilan. Beberapa memiliki pesaing di sektor putra dan putri. Bahkan ada beberapa sekolah yang kawin gelar di beberapa nomor. Siapa saja? 

1. SMAN 2 Kota Tangsel

SMAN 2 Kota Tangserang Selatan berhasil mendominasi perlombaan middle distance 1.000m putra dan putri. Sekolah tersebut kawin gelar dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Juara pertama di sektor putra diraih oleh Taffarel Juan Chrissanto dengan catatan waktu 2 menit 43,97 detik. Sementara di sektor putri diraih oleh Sasha Symphony Az Zahra dengan catatan waktu 3 menit 33,51 detik. 

2. MAN 5 Bojonegoro 

Sama seperti SMAN 2 Kota Tangsel, MAN 5 Bojonegoro juga kawin gelar di nomor middle distance 1.000m Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Dalam babak final yang digelar di Lapangan THOR, Surabaya, Jawa Timur, Mi'rojul Ridwan memimpin sektor putra. Sedangkan Inna Nurul Ma'rifatin memimpin sektor putri. Bahkan di sektor putri, seluruh podium dikuasi oleh sekolah tersebut.

3. SMAN 7 Kupang

SMAN 7 Kupang sukses mengawinkan gelar dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Sekolah tersebut menjuarai middle distance 1.000 m putra dan putri. Adalah Venti Rowina Nope yang berhasil mencatatkan waktu 3 menit 34,79 detik yang unggul di sektor putri. Dan Alan Sae dengan catatan 3 menit 14,42 detik di sektor putra. 

4. SMA Giovanni Kupang

SMA Giovanni Kupang juga mengawinkan gelar di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Sekolah tersebut menjuarai relays 4x100m putra dan putri. Dengan masing-masing catatan waktu 52,08 detik an 1 menit 5,14 detik. 

Baca Juga: Apa Itu Babak National Championship di SAC Indonesia?

Nantinya, keempat sekolah yang mengawinkan gelar dalam babak regional qualifiers tersebut akan kembali bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Masih harus dilihat apakah sekolah-sekolah tersebut masih mengawinkan gelar di babak puncak dari SAC Indonesia 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES