Persaingan dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers menjadi qualifiers terakhir dalam rangkaian SAC Indonesia 2023. Digelar pada 8-10 Desember 2023, East Java Qualifiers diwarnai pecah rekor, closing ceremony yang keren hingga penyelenggaraan di lokasi bersejarah bagi warga Surabaya, Jawa Timur. Kira-kira apa saja fakta menarik East Java Qualifiers? Berikut SAC Indonesia rangkum untukmu:

1. Menjadi Regional Qualifiers Penutup

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers adalah penyelenggaraan terakhir dalam rangkaian enam regional qualifiers. Kompetisi ini diselenggarakan di Lapangan THOR, Surabaya, Jawa Timur, mulai 8-10 Desember 2023. 

2. Digelar di Lapangan Bersejarah di Surabaya

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers diselenggarakan di Lapangan THOR, Surabaya. THOR merupakan singkatan dari Tot Heil Onzer Ribbenkast. Itu adalah klub sepak bola Hindia Belanda yang bermarkas di sana, pada era masa penjajahan Belanda di Indonesia. 

3. Partisipan Sekolah Terbanyak

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers memiliki partisipan sekolah terbanyak dari keseluruhan penyelenggaraan. Sebanyak 610 sekolah dari seluruh Jawa Timur ikut serta di East Java Qualifiers. Dengan jumlah peserta total sebanyak 5.277 pelajar. Yang dihimpun dari 36 Kabupaten/Kota. 

Baca Juga: Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

4. Terdapat Empat Pecah Rekor 

Terdapat empat pecah rekor dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Yakni ufar Fadilah Dwi Caksono dari SMAN 2 Madiun menggeser rekor SAC milik Winney Maharati Ruung dengan catatan lompatan mengesankan. Disusul dengan Inna Nurul dari MAN 5 Bojonegoro yang sukses menyingkirkan Vira Chazinatuss’ab dari bagan rekor.  

Sementara itu, Arfiansyah Adi Yuliarta sukses dari SMA Hang Tuah 1 Surabaya membuat gempar dunia atletik Kota Pahlawan dengan rekor SAC 100m putranya yang menyentuh catatan 10,86 detik. 

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES