Aksi M. Sayid Qosim dari SMAN 1 Waled saat bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

M. Sayid Qosim akan bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Tiket babak puncak itu ia dapatkan usai menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Mewakili SMAN 1 Waled, Qosim -panggilannya- meraih podium pertama lompat jauh putra dengan catatan jarak 6,01 meter. 

Qosim mendengar penyelenggaraan SAC Indonesia dari teman sekolahnya. Itu pun ada cerita menarik di baliknya. Sebelum SAC dimulai, Qosim sempat mengikuti O2SN tingkat kabupaten. Saat itu, ia bertaruh dengan guru PJOK sekolahnya, Angga dan Mugni, agar diizinkan untuk ikut SAC Indonesia. 

"Kalau bisa juara di O2SN, Qosim dijanjikan buat dikirimkan di lompat jauh di SAC. Alhamdulillah aku juara 2 waktu itu. Dan nagih janji ke guru pendamping. Jadinya bisa ikut serta di SAC," terang Qosim saat dihubungi oleh tim SAC Indonesia. 

Qosim telah menggeluti lompat jauh sejak SD sejatinya. Hanya saja, mulai menginjak bangku SMP, ia mendalami nomor 100m putra. Dan mondar-mandir di berbagai kejuaraan. "Cuma belum beruntung terus di sprint, makanya nerusin lagi lompat jauhnya," terang Qosim. 

Baca Juga: SMAN 1 Waled Bakal Delegasikan Tiga Pelajar untuk SAC Indonesia 2023

Nantinya, Qosim akan bertemu dengan 288 juara regional qualifiers di National Championship. Salah satunya adalah Yanuar Dwicahya Putra. Winner lompat jauh putra di West Java Qualifiers. Yang ternyata juga sering menjadi lawan mainnya di kompetisi lain. "Di O2SN yang juara itu juga Yanuar, tapi kita bersaing secara sehat," kata Qosim. 

Untuk menghadapi National Championship, Qosim mengaku latihan lebih keras dari biasanya. Misalnya, fokus memperbaiki tolakan, speed, power hingga lompatan. Kerennya lagi, Qosim tidak memiliki pelatih. Semuanya dipelajari secara otodidak. 

"Yang penting kita punya niat dan belajar terus, apapun yang tidak mungkin pasti bisa tercapai. Kalau guru PJOK biasanya hanya mendampingi. Guru PJOK melihat kalau Qosim itu rajin berlatih jadi hadiah dari latihannya itu ya diikutsertakan event. Dukungannya SMAN 1 Waled itu gacor abis," kata Qosim. 

Jadwal Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship telah ditentukan. Babak puncak dari SAC Indonesia 2023 itu akan digelar pada 18-20 Januari 2024. Dan akan berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Apa Itu Babak National Championship di SAC Indonesia?

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES