Ketiga delegasi dari SMAN 1 Waled

SMAN 1 Waled akan bersaing dalam Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sekolah tersebut akan diwakili oleh Kunta Dewa Wisa Geni (1000 meter), Izaz Nasywa Azaria (1000 meter) dan Muhammad Sayid Qosim (lompat jauh). Ini menjadi kali pertama bagi SMAN 1 Waled untuk ikut serta dalam Energen Champion SAC Indonesia. 

Menurut Angga Ludira Firdaus, guru PJOK SMAN 1 Waled, ketiga anak didiknya itu telah berlatih begitu semangat. Angga berharap mereka dapat tampil dengan maksimal dan menjadi wakil SMAN 1 Waled dengan baik. "Kami nggak target. Yang penting mereka memiliki pengalaman. Tapi ketika melihat hasil yang musim lalu, kita optimistis masih bisa bersaing," ungkap Angga. 

SMAN 1 Waled telah memiliki ekstrakurikuler atletik. Bahkan telah berdiri sejak tahun 2006. Dari ruang ekstrakurikuler atletik itu lah, sekolah tersebut telah mondar-mandir di berbagai kompetisi atletik dalam negeri. Khususnya yang berada di tingkat Kabupaten Cirebon. "Untuk SAC kami juga serius sekali. Karena ada eksul dan program latihan, kita empat kali dalam seminggu," kata Angga.

Tak lupa, Angga juga begitu mengapresiasi penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia. Menurutnya, event ini dapat mengakomodasi pelajar-pelajar berbakat agar dapat berprestasi di cabang olahraga atletik. "Apalagi ada reward sampai ke tingkat internasional, nah itu sangat memotivasi sekali," lanjut Angga. 

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut SAC Indonesia

Ketiga wakil SMAN 1 Waled akan tampil dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, yang digelar pada 22-24 September 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar itu akan diselenggarakan di GOR Arcamanik, Bandung. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES