Riky di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Peraih gelar third place nomor tolak peluru Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, Riky Riansyah Barus, punya keinginan khusus di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Mengingat babak puncak itu akan diselenggarakan di Solo, Riky mengatakan ia sekaligus ingin jalan-jalan di Kota Liwet tersebut. 

Sebelumnya, siswa SMA Santa Maria Kabanjahe ini menempati posisi ketiga podium tolak peluru Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers dengan catatan jarak 10,54 meter. Raihannya ini mengamankan satu tiket ke National Championship. Riky telah mengikuti SAC Indonesia musim lalu di nomor yang sama. Namun, baru tahun ini bertengger di podium.

“Senang karena akhirnya bisa melewati Sumatera Qualifiers dan akan berkompetisi di Solo. Saya latihan mulai bulan November, pagi dan sore. Totalnya lima jam per hari. Tiga kali seminggu. Latihannya nge-gym dan teknik peluru,” ungkap Riky saat diwawancara.

Baca Juga: Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

Meskipun telah intens berlatih, Riky tetap dihinggapi rasa ragu akan kemampuannya. “Masih ragu dan kurang percaya diri karena takut tidak bisa memberikan yang terbaik. Namun, guru-guru, keluarga, dan teman-teman semuanya memberikan dukungan,” katanya.

Sang guru olahraga sekaligus pelatih yaitu Agusuheri rutin memantau latihan yang dilakukan Riky. Tak hanya itu, ia juga mengingatkan Riky agar fokus menjaga kesehatan. “Biasanya saya diberi puding ayam telur kampung juga, seminggu dua kali. Agar sehat,” kata Riky.

Selain ingin menunjukkan performa terbaik di National Championship, Riky juga punya keinginan spesial di Solo nanti. Ia ingin bertemu dengan wali kota Solo yaitu Gibran Rakabuming Raka. “Nanti inginnya jalan-jalan juga sekalian. Siapa tahu nanti bisa ketemu bapak Wali Kota Solo juga,” pungkasnya.

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya Riky akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Energen Champion SAC Indonesia menjaring pelajar berpotensi dari enam Regional Qualifiers yaitu Sumatera, West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra, dan Jakarta Banten.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar paling terbesar di Indonesia. Acara ini diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Energen Champion adalah minuman cokelat berenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora.

  RELATED ARTICLES