M. Ananda Fitra saat berlaga di babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Nomor lari jarak menengah 1000 meter Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers punya juara baru. Yang diraih oleh M. Ananda Fitra dari SMAN 1 Kabanjahe. Nanda -panggilannya- tampil gemilang dengan perolehan waktu 2 menit 49,76 detik. Perolehan tersebut diraih usai Nanda selalu finis pertama dalam babak penyisihan dan babak final.

Pada penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatra Qualifiers, M. Ananda Fitra juga berkompetisi dan meraih posisi 3rd place. Dengan latihan dan performanya yang ditingkatkan, Nanda kini merajai nomor lari jarak menengah tersebut. "Iya bersyukur kali, sekarang sudah bisa berada di posisi pertama," ungkap Nanda. 

Nanda sudah enam tahun menekuni dunia atletik. Bakatnya terlihat usai Nanda melakukan pelajaran olahraga. Saat itu gurunya, Surya Hendram meminta Nanda melakukan gerakan atletik. Surya menilai gerakan tersebut bagus. Nanda sampai mendapatkan nilai tinggi di pelajaran olahraga Ia kemudian menawarkan Nanda untuk berlatih atletik. "Saya dari dulu memang di lari jarak menengah. Karena sesuai dengan bakat saya," ungkap Nanda. 

Nanda berjanji akan memberikan yang terbaik untuk bersaing dalam Energen Champion SAC National Championship. Mengingat, tahun lalu ia belum merasakan berlaga di Stadion Madya, GBK. "Semoga bisa mengharumkan nama Sumatra Utara. Khususnya SMAN 1 Kabanjahe. Karena National Championship menjadi salah satu momen penting bagi saya," tuturnya. 

Baca Juga: SMAN 1 Kabanjahe Perkasa di Lari 1.000 Meter Putra

Nanda berharap Energen Champion SAC Indonesia dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya. Apalagi kompetisi ini memberikan kesempatan bagi pelajar non atlet untuk berkompetisi dengan konsep profesional. "Yang paling ditunggu pasti National Championship, sih. Semoga bisa memberikan yang terbaik," tutur Nanda. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah menuntaskan penyelenggaraan qualifiers perdana. Di Sumatera Qualifiers, kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar yang berasal dari 350 sekolah. Energen Champion SAC Indonesia Sumatera Qualifiers diselenggarakan pada 1-3 September 2023.  

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak NationaChampionship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES