Alif di Energen Champion SAC Sumatera Qualifiers

Pemegang second place nomor lompat jauh putra Energen Champion SAC Sumatera Qualifiers, Muhammad Alif Ramadhan, berupaya keras menjaga gaya hidup. Alif berusaha mengatur gaya hidup mulai dari pola tidur hingga pola makan. Ini agar performa fisiknya mumpuni menjelang National Championship.

Siswa SMAN 2 Kisaran ini menempati posisi kedua podium nomor lompat jauh putra Energen Champion SAC Sumatera Qualifiers berkat raihan 5,81 meter. National Championship 2024 adalah kali kedua Alif mencicipi babak nasional.

“Walaupun kecewa dengan hasil Sumatera Qualifiers kemarin, tetapi insyaAllah akan saya balas di Nasional Championship nanti. Ini merupakan kesempatan kedua saya untuk berjuang memenangkan National Championship. Saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan emas ini,” ungkap Alif saat diwawancara.

Sederet persiapan dilakukan Alif untuk berjuang di National Championship. “Latihan lebih intens. Benar-benar di-push. Saya juga selalu melakukan evaluasi bersama pelatih terkait teknik lompat jauh. Kali ini, tidak ada main-main dalam latihan,” lanjut Alif.

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

Alif berlatih sebanyak enam kali seminggu karena penyelenggaraan National Championship semakin dekat. Maka dari itu, kondisi tubuhnya harus selalu fit. Orang tua Alif selalu mengingatkannya untuk menjaga kesehatan.

“Biasanya mamak dan bapak marah kalau saya begadang. Jadi harus tidur maksimal jam 10 malam. Masalahnya, susah jaga pola tidur. Kawan sering ajak mabar,” ungkapnya. Ia juga membeberkan bahwa ia menjaga pola makan dengan menghindari makanan yang digoreng.

Alif mengungkapkan bahwa targetnya di National Championship ini adalah mendapatkan kemenangan. Meski bukan podium teratas. “Saya tetap berjuang untuk podium teratas, tapi tidak terpatok itu saja. Persaingan tahun ini sangat ketat karena banyak pecah rekor. Namun, keluarga, pelatih, dan teman-teman selalu mendukung,” pungkasnya.

Baca juga: Muhammad Alif Ramadhan Ternyata Sempat Dalami Nomor Lempar

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya Alif akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Energen Champion SAC Indonesia menjaring pelajar berpotensi dari enam Regional Qualifiers yaitu Sumatera, West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra, dan Jakarta Banten.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar paling terbesar di Indonesia. Acara ini diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Energen Champion adalah minuman cokelat berenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora.

  RELATED ARTICLES